3 Cara Mencerahkan Wajah yang Kusam

Memiliki wajah cerah merupakan idaman setiap wanita. Namun terus menerus melakukan kegiatan di luar rumah tanpa menggunakan tabir surya, akan membuat kulit terutama bagian wajah menggelap, kusam bahkan bisa memunculkan tanda-tanda penuaan dini. Jika sudah terlanjur, Anda bisa mencoba beberapa cara mencerahkan wajah baik itu menggunakan rangkaian skincare maupun bahan alami.

Penyebab Wajah Kusam

Wajah yang kusam akan membuat siapapun tidak percaya diri karena akan membuat kulit wajah terlihat gelap. Selain tidak pernah menggunakan tabir surya, ada lagi beberapa hal yang menyebabkan kulit kusam seperti:

  1. Dehidrasi

Tidak mengonsumsi air yang cukup akan memengaruhi kulit. Hal ini sejalan dengan studi yang menemukan jika mengonsumsi cukup air akan berhubungan dengan kulit yang sehat. Mengonsumsi air yang cukup juga akan membuat kulit bagian bawah terhidrasi sebaliknya kurang minum akan membuat kulit Anda kering dan kusam.

  1. Menumpuknya Sel Kulit Mati

Penumpukkan sel-sel kulit mati akan membuat kulit menjadi kering, kusam, bersisik bahkan juga bisa membuat warna kulit tidak merata.

rekomendasi serum untuk mencerahkan wajah
  1. Merokok

Kebiasaan merokok akan mengganggu produksi kolagen dan menurunkan keelastisitasan kulit. Hal tersebut bisa meningkatkan stres oksidatif pada sel-sel kulit sehingga bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan dan kulit kusam.

Melakukan perawatan dengan skincare memang merupakan cara yang cepat untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam. Namun ada juga cara mencerahkan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan-bahan alami juga terbilang cukup aman bagi kulit sehingga meminimalkan risiko ketidakcocokan penggunaan skincare yang salah satunya bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Cara Mencerahkan Wajah

Bagi Anda yang ingin mencerahkan wajah, berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan.

  1. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit wajah. Jeruk nipis juga bisa menyamarkan bintik hitam pada kulit selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Anda bisa menggunakan 1-2 buah jeruk nipis lalu cuci bersih dan peras. Lalu pijat kulit wajah Anda dengan lembut dan biarkan hingga kering selama 30 menit. Setelahnya basuh wajah dengan air hangat dan bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Untuk mencegah kulit wajah Anda kering, gunakan pelembab.

Namun setelah menggunakan jeruk nipis untuk wajah, usahakan untuk tidak keluar ruangan. Jika memang harus keluar, maka usahakan untuk menggunakan tabir surya.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk yang memiliki banyak manfaat khususnya untuk kulit karena kandungan nutrisi di dalamnya yang bisa menjadi salah satu cara untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan asam laktat yang ada pada yogurt dapat melembabkan dan memutihkan kulit. Selain itu yogurt juga bisa mencegah munculnya bintik-bintik dan noda hitam pada kulit.

Anda bisa mengoleskan yogurt langsung ke kulit dan diamkan beberapa menit. Atau Anda juga bisa mencampurkan setengah sendok makan madu dan satu sendok makan yogurt lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan secara alami 10 – 15 menit dan bilas dengan air hangat. Anda juga bisa mencampurkan yogurt dengan oatmeal dan sedikit perasan lemon guna melembabkan sekaligus mencerahkan kulit.

  1. Madu

Madu memang terkenal akan manfaatnya baik bagi kesehatan ataupun kulit. Madu bisa Anda gunakan untuk mengatasi ketidakseimbangan warna kulit yang berhubungan dengan kekeringan. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik tanda penuaan sehingga kulit wajah akan terlihat lebih cerah.

Anda bisa langsung mengoleskan madu murni ke wajah dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Hal ini bisa mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah dan segar. Atau Anda juga bisa mencampurkan madu dengan satu sendok teh perasan lemon, setengah sendok teh minyak almond dan satu sendok teh susu bubuk. Lalu oleskan secara merata dan diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin.

Selain menggunakan cara mencerahkan wajah seperti diatas, Anda juga harus rajin melakukan eksfoliasi serta menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *