4 Resep Jamu Habis Melahirkan yang Bisa Dibuat di Rumah

Meskipun terbuat dari bahan-bahan alami, tidak semua jamu cocok diminum oleh kategori tertentu misalnya ibu menyusui. Ibu pasca melahirkan hanya diperbolehkan meminum resep jamu tertentu yang disebut dengan jamu habis melahirkan.

Minum jamu habis melahirkan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi ibu, mulai dari mempercepat proses pemulihan pasca persalinan sampai meningkatkan produksi ASI. Lalu, apa saja jamu yang disarankan dan bagaimana cara membuatnya? Simak artikelnya berikut ini.

Jamu habis melahirkan bisa mempercepat pemulihan ibu

4 Resep Jamu untuk Ibu Menyusui yang Mudah Dibuat di Rumah

  1. Jamu Daun Pepaya

Daun pepaya adalah salah satu galactagogues adalah peningkat ASI alami. Daun pepaya memiliki kandungan quercetin yang dapat mengaktifkan hormon prolaktin, hormon yang bertanggung jawab terhadap produksi ASI sehingga suplai ASI menjadi lebih banyak.

Selain itu, daun pepaya juga kaya nutrisi seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik bagi ibu dan bayi. Dalam sebuah penelitian, pemberian daun pepaya pada ibu menyusui terbukti efektif meningkatkan produksi ASI dan membuat bayi jadi lebih gemuk dan sehat. 

Untuk pembuatannya, rebus 7 gram daun pepaya yang tidak terlalu tua atau muda dalam 2 gelas air mendidih. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan daun katuk, daun bangun-bangun, asam jawa, dan jinten. Aduk rata lalu diamkan hingga mengental. Setelah itu angkat dan saring jamu. Jamu daun pepaya siap diminum. 

  1. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur berkhasiat untuk mempercepat pemulihan ibu seusai melahirkan sekaligus mengembalikan energi. Selain itu, jamu ini juga bisa melancarkan ASI. Berikut ini cara membuat jamu beras kencur di rumah:

Bahan yang diperlukan:

  • 3 sdm (200 gr) beras, cuci dan rendam selama 3 jam
  • 125 gr gula merah
  • 1 sdm asam jawa
  • 3 ruas jari kencur
  • 1 ruas jari kunyit dan jahe
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan 
  • 6 gelas air

Pertama-tama, rebus gula merah, asam jawa, jahe, kunyit, dan daun pandan sampai mendidih. Setelah itu sisihkan kunyit dan jahe. Kemudian haluskan bears, kencur, serta kunyit dan jahe yang telah direbus kemudian tuang air rebusan sedikit demi sedikit sambil aduk rata. 

Saring ramuan tersebut lalu tambahkan garam dan jeruk nipis sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan sedikit gula jika kurang manis. Jamu beras kencur siap diminum.

  1. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam merupakan salah satu jamu habis melahirkan yang wajib dicoba. Jamu ini mengandung senyawa antiinflamasi yang berkhasiat mempercepat pemulihan, terutama penyembuhan luka pasca persalinan. Jamu kunyit asam juga dapat mengencangkan otot-otot tubuh ibu yang mengendur selama proses kehamilan dan persalinan, termasuk otot vagina. 

Tumbuh 4 ruas kunyit dan gula jawa sesuai selera. Rebus dalam 3 gelas air mendidih dan tambahkan juga asam jawa secukupnya. Setelah mendidih, angkat dan saring. Tunggu hingga agak dingin lalu jamu kunyit asam siap untuk dinikmati. 

  1. Jamu Biji Adas

Fennel seeds atau biji adas telah lama digunakan sebagai herbal tradisional sejak zaman Mesir Kuno. Salah satu manfaatnya yang paling terkenal adalah meningkatkan produksi ASI. Selain itu, biji adas juga dapat mengurangi rasa sakit di area genital wanita pasca melahirkan, meredakan gejala kolik pada bayi serta meningkatkan kesehatan pencernaan ibu dan bayi.

Pembuatan jamu biji adas atau teh adas cukup mudah. Rendam 1-3 sendok teh biji adas dalam 1 cangkir air mendidih. Diamkan kurang lebih selama 10 menit lalu saring bijinya. Nikmati dalam kondisi hangat atau dingin sesuai selera. 

Itu tadi 4 resep jamu habis melahirkan yang mudah dibuat sendiri di rumah. Meski kaya manfaat, pastikan untuk mengonsumsi jamu sesuai dengan dosis yang disarankan agar tidak memicu efek samping yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *