6 Rekomendasi Masker untuk Kulit Berminyak yang Ampuh

Salah satu mencegah kulit berminyak ialah dengan menggunakan masker wajah untuk kulit berminyak. Sebab, kulit yang berminyak disebabkan oleh genetika atau hormon sehingga sulit untuk mencegahnya. 

Selain memakai masker, lakukanlah perawatan kulit yang konsisten dengan menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang tinggi gula, gorengan, hingga makanan olahan dapat membantu. 

Tak hanya itu, menggunakan kosmetik yang berat memang baik untuk menutupi efek kulit berminyak, tapi hal itu bisa memperburuk kondisi kulit Anda.  Karena itu, saat kulit berminyak, kurangilah riasan ataupun alas bedak. 

Agar perawatan kulit Anda maksimal, gunakanlah masker untuk kulit berminyak. Sebelum menggunakannya, kenalilah jenis masker wajah yang sesuai dengan kulit Anda. 

Masker untuk kulit berminyak diformulasikan untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah

Pilih Jenis Masker Wajah untuk Kulit Berminyak 

Sebelum menggunakan masker untuk kulit berminyak, Anda perlu mengebali jenis masker yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Pada umumnya, ada 2 jenis masker yang bisa digunakan untuk jenis kulit tersebut. Yakni, clay mask dan peel off mask. 

Simak penjelasan karakteristiknya berikut ini. 

1. Masker jenis clay mask yang ampuh serap minyak 

Salah satu masker untuk kulit berminyak yang umum ialah clay mask terbuat dari abu vulkanik atau endapan mineral. Masker ini memiliki kandungan yang  kaya akan mineral sehingga bisa membersihkan pori-pori wajah Anda.  

Selain itu, clay mask bertugas sebagai drying agent sehingga mampu menyerap minyak berlebih. Penggunaan masker ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki permasalahan kulit berminyak. 

Cara penggunaannya, cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan clay mask secara tipis-tipis pada wajah Anda. Kemudian, tunggulah lalu tunggu sampai mengering. 

Hindari menunggu hingga overdrive karena akan membuat kulit tidak nyaman, bahkan menjadi sangat kering. Langkah selanjutnya, bilaslah masker Anda hingga bersih serta tak meninggalkan sisa.   

Penggunaan masker wajah untuk kukit berminyak itu pun tidak boleh terlalu sering agar kulit Anda tidak kering. Maka, gunakanlah 1-3 kali dalam satu minggu agar kukit Anda tetap lembab secara optimal. 

2. Masker Jenis peel off mask bersihkan pori secara mendalam 

Jenis masker wajah untuk kulit berminyak yang kedua ialah peel off mask. Cara kerja masker tersebut ialah membersihkannya bukan dengan menggunakan air. Melainkan, Anda hanya perlu mengelupas lapisan masker yang sebelumnya telah dioleskan hingga menjadi kenyal.  

Manfaat masker tersebut ialah mampu mengangkat kotoran pada pori-pori sehingga bisa mengurangi produksi minyak berlebih. Masker ini juga tidak boleh sering digunakan agar kulit Anda tetap sehat serta tidak mengakibatkan iritasi. 

Rekomendasi masker wajah untuk kulit berminyak

1. Acnes Tea Tree Oil Clay Mask 

Salah satu masker wajah untuk kulit berminyak yang direkomendasikan ialah Acnes Tea Tree Oil Clay Mask. Jenis Clay mask tersebut berbahan Bentonite, kaolin, tea tree oil, aloe barbadensis leaf. Harga yang dibanderol berkisar  Rp 26.400 untuk 50 gram. 

Acnes merupakan produk spesial untuk mengatasi kulit berjerawat. Apabila Anda mempunyai kulit yang berminyak sekaligus berjerawat, cobalah produk yang satu ini. 

Sebab, kandungan tea tree oil yang ada di dalamnya mampu meredakan jerawat sekaligus mencegah datangnya bakteri penyebab jerawat. Ada pula ekstrak Aloe barbadensis untuk memberikan kelembapan terhadap kulit Anda agar tetap terhidrasi secara maksimal. 

2. Himalaya Herbals Purifying Neem Mask 

Masker yang satu ini juga berjenis clay mask yang mengandung bahan tumeruc, neem, serta fuller’s earth. Dengan isi 100ml, masker ini dibanderol seharga Rp 40.000. 

Dengan kandungan fuller’s earth, Himalaya Herbals Purifying Neem Mask ini bisa memberikan efek dingin pada kulit Anda sehingga iritasi yang dirasakan bisa berkurang. 

Ada pula kandungan neem serta turmeric yang bersifat anti bakteri sehingga dapat mencegah datangnya jerawat pada wajah Anda yang berminyak sedini mungkin. Masker tersebut juga diformulasikan untuk menyerap minyak pada wajah Anda dengan sempurna. 

3. Freeman Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask 

Masker wajah untuk kulit berjerawat yang satu ini berjenis peel off mask. Kandungannya meliputi bahan tea dan lemon serta mengandung clay di dalamnya. Mulai Rp 88.000,00, masker ini sudah bisa didapatkan dengan ukuran 175 ml. 

Kandungan lemon dalam masker ini berfungsi untuk membantu mencerahkan noda hitam pada wajah Anda. Dengan begitu, apabila Anda memiliki noda hitam, tidak perlu khawatir lagi.  

Sementara itu, dengan kandungan tea yang ada di dalam masker ini, kulit Anda akan terlindungi dari paparan radikal bebas. Sebab, kandungan ter tersebut sangat kaya akan antioksidan. Alhasil, kulit Anda akan terasa lebih sehat serta terlindungi sepanjang hari. 

4. L’Oreal Paris Pure Clay Mask Illuminating 

Masker berjenis clay ini mengandung lemongrass extract Isi serta british kaolin clay. Mulai dari Rp 138.300, Anda sudah bisa mendapatkan masker ini dengan ukuran 50 gram. 

Sebagai informasi, bertumpuknya minyak serta kotoran dalam pori-pori serta paparan polusi mengakibatkan kulit Anda terlihat sangat kusam. Karena itulah, Anda perlu menggunakan clay mask dari L’Oreal. 

Masker tersebut mengandung kaolin clay dan ekstrak lemongrass sehingga membantu menyerap minyak berlebih serta mengeksfoliasi sel kulit mat Anda. Dengan begitu, wajah Anda akan tampak lebih cerah serta bersinar. Selain itu, tekstur kulit Anda menjadi lebih halus dan lembab. 

5. Innisfree Super Volcanic Pore Mask

Masker berjenis clay ini mengandung bahan walnut shell powder, AHA, serta Jeju volcanic ash. Mulai dari Rp 190.000,00, Anda bisa mendapatkan masker tersebut berukuran 100 ml. 

Masker ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak. Kandungan Jeju volcanic cluster sphere dalam clay mask tersebut sanggup menyerap minyak hingga 2 kali lebih banyak. Hal itu akan membuat wajah Anda bebas kilap dan tampak lebih sehat. 

Tak hanya itu, penggunaan masker tersebut juga bisa membersihkan pori-pori secara mendalam. Ada pula kandungan walnut shell powder berguna untuk menjadikan kulit Anda lebih halus. 

6. The Body Shop Himalayan Charcoal

Produk ini disebut sebagai produk vega yang bebas bahan berbahaya. Masker wajah untuk kulit berminyak ini mengandung bahan green tea leaves, organic tea tree oil, hingga bamboo charcoal. Anda juga bisa mendapatkan masker ini mulai dari Rp 299.000 untuk ukuran 75 ml. 

Menariknya, produk The Body Shop ini 100 persen merupakan produk vegan, serta tidak mengandung silicone, mineral oil, paraben, dan paraffin sehingga menjamin keamanan kukit Anda. 

Kandungan bamboo charcoal serta organic tea tree oil dalam masker jni mampu menyerap minyak berlebih. Selain itu, fungsi lainnya ialah bisa menghilangkan racun pada kulit Anda. Tak hanya itu, kandungan ekstrak daun teh hijaunya juga bisa meremajakan serta melindungi kulit Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *