7 Cara Mengatasi Mual pada Ibu Hamil

Morning sickness adalah salah satu tanda dari awal kehamilan. Morning sickness atau mual dialami lebih dari setengah dari semua wanita yang hamil. Tak mengherankan jika semua tips atau cara mengatasi mual pada ibu hamil kerap dicari oleh para wanita.

Pada umumnya, morning sickness bisa berlangsung sepanjang hari. Biasanya, morning sickness dimulai sekitar minggu keenam kehamilan dan akan menghilang sekitar minggu ke 12. Akan tetapi beberapa wanita mungkin mengalami hal yang berbeda.

Morning sickness sebetulnya tidak memerlukan perhatian medis kecuali jika sudah sangat parah dan menyebabkan dehidrasi serta penurunan berat badan. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mulai mencari cara mengatasi mual pada ibu hamil untuk mengelolanya dengan baik.

Kenapa ibu hamil sering mual berkaitan dengan hormon kehamilan dan kekurangan vitamin B6

Cara Mengatasi Mual pada Ibu Hamil

Berikut beberapa tips dan cara mengatasi mual pada ibu hamil untuk Anda yang sedang mengalami morning sickness.

1. Istirahat yang Cukup

Ibu hamil penting untuk mendapat tidur malam yang berkualitas. Tidur siang sebetulnya juga dapat membantu meredakan, tetapi tidak langsung setelah makan karena justru dapat meningkatkan mual.

Untuk Anda yang harus bekerja saat shift malam, mungkin Anda dapat mengenakan masker tidur atau menggunakan tirai yang gelap untuk menghalangi cahaya masuk ke mata. Jika badan Anda mulai berubah bentuk, maka Anda bisa menggunakan bantal bersalin yang dapat membantu punggung dan perut. 

Anda bisa pergi tidur lebih awal dan bangun lebih awal, sehingga Anda memiliki waktu luang untuk bangun dari tempat tidur. Sebaiknya, Anda juga tidak menggunakan obat tidur kecuali jika sudah mendapatkan resep dari dokter.

2. Konsumsi Makanan dengan Hati-hati

Saat Anda sedang hamil, Anda harus berhati-hati mengenai makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang berlemak dan pedas serta minuman kafein akan meningkatkan pelepasan asam lambung terutama saat masih hamil. 

Anda juga bisa mengonsumsi makanan dalam ukuran porsi yang kecil untuk membantu mencegah kemungkinan muntah atau mual. Hindari perut kosong karena justru dapat memperburuk perasaan mual akibat lambung yang menghasilkan asam yang mengenai lapisan lambung.

Anda bisa mengatasi mual dengan mengonsumsi biskuit asin atau camilan protein saat pagi hari. Sedangkan pada saat malam hari, Anda bisa mengonsumsi camilan berprotein tinggi sebelum tidur untuk membantu mengatur kadar glukosa darah di malam hari. Anda juga dapat mengonsumsi makanan dingin untuk mengurangi bau yang tercium saat makan.

3. Tetap Aktif Secara Fisik dan Mental

Saat hamil, Anda perlu untuk tetap aktif secara fisik karena dapat mengatasi gejala yang timbul. Cara mengatasi mual pada ibu hamil lainnya adalah dengan mengalihkan pikiran dari rasa mual tersebut, seperti dengan sibuk membaca buku, menonton televisi, bermain kartu atau berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah Anda.

4. Pastikan Asupan Cairan Terjaga dengan Baik

Selama hamil, penting untuk Anda tetap terhidrasi. Anda dapat mengatasi mual dengan cara mengonsumsi delapan gelas air sehari. Hal ini karena dehidrasi dapat memperburuk perasaan mual. Anda juga bisa mengonsumsi air yang sudah diberi cuka sari apel dan madu agar terasa lebih enak.

5. Konsumsi Teh Jahe dan Peppermint

Jahe telah diketahui bermanfaat untuk membantu pencernaan serta meredakan rasa tidak nyaman pada perut. Tak hanya itu, jahe juga diketahui mampu membantu meringankan gejala mual.

Anda bisa mengonsumsi jahe yang terdapat dalam roti jahe atau kue jahe. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk minum teh peppermint dan teh jahe.

6. Mengenakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Jika Anda mengenakan pakaian yang ketat, maka hal tersebut justru dapat memperburuk gejala mual yang Anda alami. Anda bisa mengatasi mual yang Anda alami saat hamil dengan cara memakai pakaian yang lebih longgar dan nyaman untuk digunakan.

7. Hindari Pemicu Mual

Cara mengatasi mual pada ibu hamil berikutnya yaitu dengan menghindari zat atau benda yang dapat memicu mual. Beberapa aroma diketahui dapat memperburuk gejala mual, tetapi aroma seperti ekstrak lemon dan rosemary justru dapat membantu meredakan mual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *