7 Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh dari Tanaman

Obat herbal diabetes paling ampuh ternyata berasal dari jenis tanaman yang sering kita temukan sehari-hari, seperti bawang putih, lidah buaya, kayu manis, jahe, hingga pare. 

Selain khasiatnya yang ampuh untuk menekan kadar gula darah di dalam tubuh, obat herbal diabetes juga banyak dipilih karena harganya yang lebih murah dan minim efek samping. 

Berikut ini beberapa tanaman yang sering dijadikan obat herbal diabetes paling ampuh. 

Pare

Tanaman pare dipercaya memiliki kandungan zat antidiabetes dan juga zat aktif lain yang bekerja seperti insulin. 

Seperti kandungan charantin yang efektif menurunkan kadar gula di dalam darah. Pare juga dikenal dengan kandungan lektin yang bisa menekan nafsu makan, sehingga konsentrasi gula darah pada penderita diabetes bisa menurun. 

Namun, berdasarkan penelitian, hingga kini pare belum bisa dijadikan obat herbal utama untuk penderita diabetes dan masih dilakukan penelitian lebih lanjut. 

Jahe 

Berdasarkan penelitian dari School of Nutritional Sciences and Dietetics Tehran University of Medical Sciences, mengonsumsi jahe efektif menurunkan kadar gula darah serta mampu meningkatkan kerja sensitivitas insulin.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi jahe setidaknya selama 12 minggu agar kadar gula darah menurun. 

Bawang putih

Bawang putih diketahui memiliki kandungan allicin yang bersifat antidiabetik dan juga antibiotik. Studi yang dilakukan pada 2006 pun menyatakan jika mengonsumsi bawang putih mentah bisa menurunkan kadar gula pada darah serta menurunkan risiko penyakit aterosklerosis. 

Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin A pada bawang putih berkhasiat untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil. 

Kayu manis

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Diabetes Care 2003, kayu manis terbukti mampu menjaga kadar gula darah dan juga kolesterol pada penderita diabetes tipe 2. 

Untuk hasil maksimal, sebaiknya rutin konsumsi kayu manis sebanyak 1-6 gram selama 40 hari. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2000, mengonsumsi kayu manis minimal 1 gram setiap hari bisa memperbaiki sensitivitas insulin dan menyeimbangkan kadar gula darah. 

Lidah buaya

Lidah buaya diketahui memiliki sifat hipoglikemik, yakni mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 1 dan juga diabetes melitus tipe 2. 

Kandungan seperti kromium dan alprogen pada lidah buaya juga efektif menurunkan kadar gula darah serta memperbaiki sekresi insulin. 

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga bisa mencegah munculnya luka pada penderita diabetes.

Biji ketumbar

Biji ketumbar diketahui memiliki kandungan kalium, zat besi, vitamin A, C, K, asam folat, magnesium, hingga kalsium. Kandungan tersebut efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. 

Berdasarkan penelitian The British Journal of Nutrition, ekstrak biji ketumbar rupanya memiliki senyawa yang bersifat anti-hiperglikemia sehingga efektif menjaga kadar gula darah tetap normal. 

Untuk mengonsumsinya, penderita diabetes bisa merendam biji ketumbar selama satu malam, kemudian minum di pagi hari sebelum makan.

Daun pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang juga efektif menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, daun pepaya juga berfungsi menjaga produksi insulin yang diproduksi oleh pankreas. 

Itu dia beberapa obat herbal diabetes paling ampuh yang berasal dari tanaman yang bisa kamu coba. Sebelum mengonsumsinya, pastikan kamu melakukan konsultasi dulu pada dokter, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *