8 Manfaat Masker Oatmeal untuk Kulit Wajah, Bisa Atasi Jerawat

Oatmeal biasa dikenal sebagai menu sarapan. Namun ternyata oatmeal juga bisa digunakan sebagai bahan untuk masker alami. Apa saja manfaat masker oatmeal untuk kulit wajah? Nah, Anda perlu simak artikel ini hingga akhir.

Oatmeal adalah biji-bijian yang berasal dari gandum. Biasanya diolah menjadi berbagai jenis makanan, termasuk oatmeal. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dikenal ampuh menyehatkan tubuh. Selain itu, antioksidan ini dapat melembapkan kulit dan menjaga kesehatan sel kulit.

Manfaat Masker Oatmeal untuk Kulit Wajah

Oatmeal diyakini sebagai bahan alami yang baik dan bermanfaat untuk kulit. Berikut beberapa manfaat masker oatmeal secara umum yang perlu diketahui.

  • Dapat Melembapkan Kulit

Masker alami dari oatmeal ini ternyata dipercaya mampu membuat kulit menjadi lembap secara alami. Manfaat ini karena adanya kandugan beta-glukan dalam oatmeal yang berfungsi membentuk lapisan halus di permukaan kulit hingga ke sel-sel paling dalam kulit sehingga memberikan kelembapan seperti yang dibutuhkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan masker oatmeal, atau pembersih wajah serta menggunakan pelembap yang mengandung oatmeal.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker oatmeal dapat menjadi scrub yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit wajah sehingga mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah. Manfaat ini juga didukung dengan adanya kandungan saponin dalam oatmeal yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Tekstur scrub oatmeal juga lebih lembut sehingga bisa membersihkan kulit tanpa membuat kulit wajah menjadi kering dan kelembapannya hilang.

  • Mencerahkan Kulit Wajah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, oatmeal bisa mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga membuat kulit wajah terlihat cerah. Cara kerjanya disebut lebih baik dibanding masker alami seperti masker buah atau produk dengan kandungan AHA karena bisa membuat kulit justru tereksfoliasi berlebihan.

Manfaat masker oatmeal untuk mencerahkan kulit wajah ini bisa didapat dengan mencampurkan oatmeal dan madu. Sebab, madu memiliki kandungan eksfoliasi yang berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Zat eksfoliasi dari kedua bahan alami ini akan lebih maksimal mencerahkan kulit wajah.

  • Meredakan Jerawat yang Meradang

Manfaat masker oatmeal yang tak kalah mengagumkan lainnya adalah dapat meredakan jerawat yang meradang. Banyak orang yang memiliki masalah dengan jerawat. Hal ini karena oatmeal mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama avenanthramide yang memiliki efek antiradang.

Selain kandungan antioksidan tersebut, oatmeal juga mengandung mineral lain seperti fosfor, magnesium, mangan, sleenium, dan juga zinc. Berbagai mineral ini bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon yang menjadi penyebab jerawat. Akan lebih maksimal lagi jiwa oatmeal dicampur dengan madu untuk mendapatkan manfaat meredakan jerawat ini.

  • Membersihkan Pori-pori Kulit

Selain itu, manfaat lain dair masker oatmeal ini adalah untuk membersihkan pori-pori kulit wajah. Minyak dan kotoran yang menumpuk di wajah bisa menyebabkan munculnya maslaha kulit seperti pori-pori tersumbat dan jerawat.

Oatmeal juga mengandung saponin yang juga bermanfaat membersihkan minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Sehingga, ketika pori-pori bersih dan akan mengecil dan membuat kulit menjadi lebih halus.

  • Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Masker oatmeal juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak alami kulit yang berlebihan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan masker oatmeal tiap hari sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat maupun flek hitam di wajah.

  • Memperlambat Penuaan Dini

Masker oatmeal juga bisa memperlambat tanda-tanda penuaan dini karena mengandung asam amino seperti histidine, arginine, methionine, dan lysine. Kandungan ini dapat membantu meregenrasi lapisan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, kandungan asam amino dalam oatmeal juga bisa meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalisir garis-garis halus di wajah akibat paparan sinar matahari.

  • Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kulit yang terkena paparan sinar matahari bisa menyebabkan munculnya garis halus dan flek hitam di wajah. Masker oatmeal bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV karena kandungan lemak dalam oatmeal.

Namun, manfaat masker oatmeal ini belum diketahui pasti sepenuhnya aman untuk wajah, apalagi untuk kondisi kulit tertentu. Ada baiknya juga berkonsultasi dengan dokter kulit Anda sebelum mencoba masker oatmeal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *