Atasi Nyeri Sendi, Begini Cara Pakai Minyak Bokashi

Anda sering merasakan nyeri pada sendi, atau pernah mengalami salah urat? Ketika hal seperti ini terjadi, Anda bisa mencoba menggunakan obat herbal untuk mengatasinya. Salah satu yang bisa Anda andalkan adalah minyak Bokashi.

Bokashi adalah minyak oles yang merupakan minyak herbal. Fungsi utamanya adalah meredakan nyeri sendi. Di dalam produk minyak ini, terdapat beragam kandungan minyak alami seperti minyak kayu putih, minyak kelapa, sereh wangi, dan lain sebagainya.

Cara tepat memakai minyak Bokashi

Anda mungkin mengira bahwa sebagai minyak oles, satu-satunya cara menggunakan minyak ini hanyalah dengan dioleskan ke bagian tubuh yang terasa sakit. Namun sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda coba.

  • Dijadikan sebagai minyak pijat

Selain sekedar dioleskan, Anda juga bisa menjadikan minyak ini sebagai minyak pijat. Jadi, setelah dialikasikan ke permukaan kulit, cobalah pijat bagian tubuh Anda yang sudah dilumuri minyak secara perlahan.

Memijat bisa menjadi salah satu cara untuk meratakan minyak sepenuhnya ke permukaan kulit Anda. Selain itu, ketika Anda memijat otot dengan minyak ini, panas tubuh akan membuat minyak menjadi terasa hangat, membuat otot menjadi lebih rileks. 

  • Dioleskan seperti biasa

Ini adalah cara pemakaian minyak Bokashi yang paling umum, yaitu dioleskan ke permukaan tubuh seperti biasa. Anda hanya perlu menuangkan minyak ke permukaan tangan, kemudian mengoleskannya secara perlahan ke bagian-bagian tubuh.

Ketika dioleskan, pastikan minyak teraplikasikan secara merata. Terus usap minyak ke kulit Anda sampai minyak menyerap sempurna. 

  • Dicampurkan ke dalam air mandi

Tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menggunakan minyak ini sebagai air mandi rempah? Caranya hanya dengan menuangkan beberapa ke dalam air mandi sebelum mandi.

Mencampurkan minyak Bokashi ke dalam air mandi bisa membantu mengatasi bau tidak sedap dalam tubuh ketika mandi. Selain itu, kandungan di dalamnya juga mampu bekerja untuk meredakan nyeri otot.

Efek ini dapat Anda rasakan dengan lebih maksimal apabila digunakan ke dalam air mandi yang masih hangat. 

  • Digunakan sebagai kompres

Terkadang, nyeri sendi mungkin terasa sangat parah dan tidak tertahankan. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah menggunakan kompres.

Bila biasanya Anda menggunakan kompres dingin untuk meredakan nyeri sendi, maka cobalah mencampurkan beberapa tetes minyak ini ke kompres yang Anda gunakan. Kompres bisa dilakukan dengan kain basah.

Apabila Anda mencoba menggunakan dengan cara-cara di atas, maka Anda tentu bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari pemakaian minyak ini.

Perhatian saat memakai minyak Bokashi

Ketika memakai minyak ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar tidak merasakan efek samping negatif.

  • Hanya untuk pemakaian luar

Perlu diingat, minyak ini bukan dirancang sebagai minyak yang bisa dikonsumsi. Pemakaian minyak hanya dianjurkan untuk pemakaian luar, bukan untuk ditelan. 

  • Hindari kontak dengan mata

Jangan sampai kandungan minyak ini terkena ke mata Anda secara tidak sengaja. Ini bisa membuat mata menjadi iritasi. Saat terkena mata, segera bilas mata Anda dengan air bersih.

Kedua hal diatas harus Anda perhatikan saat menggunakan minyak ini . Dengan begitu, Anda akan menggunakannya dengan aman dan lebih maksimal. 

Hindari juga penyimpanan minyak Bokashi di tempat yang mudah terjangkau anak-anak, agar tidak terjadi penyalahgunaan minyak. Setelah dipakai, pastikan Anda menutup tutup kemasan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *