Bahan Alami Antiperadangan, Bisakah Jadi Pengganti Piroxicam?

Mekanisme alamiah tubuh dalam merespons cedera memungkinkan timbulnya peradangan. Ketika sel darah putih tengah berjibaku melawan penyebab infeksi, seperti bakteri atau virus, secara alami tubuh juga akan mengalami peradangan. Artinya peradangan adalah sesuatu yang normal, kendati kerap kali menyakitkan atau menimbulkan bengkak. Kita bisa mengonsumsi obat-obatan NSAID untuk mengatasi peradangan, salah satunya adalah Piroxicam.

Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID) atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Obat antiinflamasi non steroid (OAINS) adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan, sehingga meredakan nyeri dan menurunkan demam. Banyak sekali kegunaan dari obat ini, utamanya yang diakibatkan oleh proses alami peradangan tersebut.

Adapun Piroxicam sendiri adalah obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit seperti bengkak, peradangan, nyeri sendi, dan kekakuan sendi. Obat ini tersedia dalam berbagai sediaan, mulai dari tablet; kapsul; hingga gel. Piroxicam hanya bisa digunakan dengan resep dokter karena memiliki berbagai kemungkinan efek samping bagi beberapa kalangan orang.

Piroxicam juga memiliki banyak kemungkinan berinteraksi dengan penggunaan obat lain, sehingga obat ini tak dapat digunakan secara bebas. Jika dalam satu waktu Anda mengalami peradangan, tetapi tak dapat mengonsumsi Piroxicam, mungkin beberapa bahan alami di bawah ini bisa dijadikan sebagai pengganti:

  • Alpukat. Buah yang masuk dalam makanan antiperadangan alami adalah alpukat. Kandungannya sangat baik yaitu potasium, magnesium, serat, dan lemak tunggal tak jenuh. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung karotenoid dan tocopherols yang bisa mengurangi risiko kanker.
  • Jamur. Jenis jamur yang termasuk dalam daftar makanan antiperadangan alami adalah truffle, portobello, dan shitake. Jamur sangat kaya akan selenium, copper, dan vitamin B. Belum lagi kandungan antioksidan yang melimpah. Sangat disarankan mengonsumsi jamur yang tidak melalui proses pengolahan terlalu panjang. Proses masak bisa saja mengurangi kandungan anti inflamatori dalam jamur.
  • Kunyit. Rempah-rempah yang satu ini juga tak kalah populer berkat kandungan curcumin yang bisa mengatasi peradangan. Kunyit sangat efektif mengatasi peradangan yang berhubungan dengan artritis layaknya obat NSAID, termasuk Piroxicam.
  • Minyak zaitun. Minyak zaitun adalah jenis lemak yang sangat menyehatkan. Ia termasuk sebagai makanan antiradang yang sangat ampuh. Dalam sebuah studi juga dibuktikan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan peradangan pada partisipan yang mengonsumsi 50 mililiter minyak zaitun per harinya.
  • Dark chocolate. Tak hanya lezat dan jadi favorit banyak orang, dark chocolate rupanya juga termasuk dalam daftar makanan anti inflamasi alami. Kandungan flavanol di dalam cokelat kaya antioksidan ini dapat menjaga kondisi pembuluh darah dalam tubuh. Dark chocolate yang ampuh menjadi anti inflamasi alami adalah yang mengandung setidaknya 70% cocoa. Semakin banyak, akan semakin baik bagi tubuh.
  • Anggur. Anggur rupanya juga masuk dalam daftar makanan antiinflamasi alami. Manfaat itu didapat dari kandungan antosianin yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Brokoli. Sayuran yang satu ini juga menjadi salah satu makanan anti inflamasi alami. Mengonsumsi brokoli bahkan dapat menekan risiko mengalami kanker dan jantung. Semua ini terjadi berkat kandungan sulforaphane, antioksidan yang menekan level cytokines dan NF-kB penyebab peradangan.
  • Ikan berlemak. Ikan dengan kandungan lemak tinggi adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik. Contoh ikan yang paling baik adalah salmon, sarden, mackerel, dan ikan bilis. Kandungan asam lemak dalam ikan akan melalui proses metabolisme tubuh menjadi resolvins dan protectins yang merupakan zat anti inflamasi alami.

Kendati demikian, seseorang tetap disarankan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Mungkin, bahan-bahan alami di atas benar-benar dapat menjadi alternatif pengganti Piroxicam. Namun, mungkin saja bahan-bahan alami di atas tak berpengaruh apa-apa atau malah menimbulkan efek samping lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *