Bisa untuk Asam Lambung, Apakah Lexacrol Berjenis Antasida?

Lexacrol adalah obat tablet yang mampu mengatasi gejala naiknya asam lambung atau GERD. Gejala ini umumnya meliputi sensasi mual dan mulas, sakit perut, serta muntah-muntah. 

Biasanya, obat yang dipakai untuk mengatasi gejala GERD adalah obat berjenis antasida. Obat ini juga merupakan obat berjenis antasida yang mengombinasikan zat obat-obatan untuk memaksimalkan penyembuhan gejala. 

Peran antasida Lexacrol dalam menyembuhkan masalah asam lambung

Pada dasarnya, antasida merupakan jenis obat bebas yang mampu membantu menetralkan asam lambung. Jenis obat ini akan mengurangi kadar asam lainnya, agar kadar asam lambung tidak melebihi kadar asam-asam lain tersebut.

Kemampuan obat Lexacrol tablet untuk mengatasi asam lambung datang dari komposisinya. Salah satu komposisi obat ini adalah aluminum hidroksida, yaitu zat yang mampu menetralkan kadar asam lambung seperti kandungan obat antasida pada umumnya. Bukan hanya itu, aluminium hidroksida ini juga bisa melindungi lambung Anda dari iritasi. 

Saat Anda mengalami gejala kelebihan asam lambung, biasanya dinding lambung Anda juga akan mengalami peradangan. Peradangan ini menyebabkan rasa nyeri yang disertai dengan sensasi terbakar di sekitar perut Anda. 

Untungnya, gejala ini bisa diatasi dengan kandungan magnesium trisilikat yang ada pada obat ini. Ditambah lagi, ada juga kandungan simetikon di dalam obat ini yang mampu mengatasi tekanan pada perut akibat produksi gas berlebih. 

Mewaspadai risiko efek samping antasida

Meskipun obat berjenis antasida baik untuk mengatasi gejala kelebihan asam lambung, bukan berarti pemakaiannya tidak akan menimbulkan efek samping. Biasanya, efek samping ini bisa terjadi apabila pemakaian obat tidak dilakukan dengan cara yang tepat. 

Risiko efek samping pemakaian obat berjenis antasida seperti Lexacrol antara lain: 

  • Hilang kesadaran
  • Pusing dan sesak napas
  • Jantung berdetak cepat
  • Susah buang air besar
  • Pusing, mual, dan muntah
  • Kejang-kejang
  • Pelemahan otot

Terkadang, dalam beberapa kasus, penggunaan obat antasida juga bisa menyebabkan perubahan kondisi mental atau suasana hati. Selain itu, pemakaian yang tidak tepat juga bisa menyebabkan efek samping berupa batu ginjal.

Oleh sebab itu, untuk menghindari risiko efek samping ini, pastikan Anda mengonsumsi obat dengan dosis yang sesuai anjuran. 

Cara tepat menggunakan obat antasida

Supaya Anda bisa terhindar dari efek samping berbahaya, pastikan Anda menggunakan obat Lexacrol dengan cara berikut: 

  • Pemakaian sesuai dosis

Jangan gunakan obat tanpa mengikuti dosis yang dianjurkan. Dosis pemakaian obat ini akan berbeda untuk setiap pengguna, disesuaikan dengan faktor usia. 

Untuk anak-anak usia 6-12 tahun, dosis yang dianjurkan adalah setengah sampai satu tablet obat sebanyak tiga kali dalam sehari. Sementara, untuk orang dewasa, dosis yang dianjurkan sebanyak 1-2 tablet setiap tiga kali dalam sehari.

  • Dikonsumsi dengan cara dikunyah

Obat ini harus diminum dengan cara dikunyah, bukan ditelan secara langsung seperti obat tablet lainnya. Pastikan Anda mengunyah tablet ini hingga benar-benar larut sebelum menelannya.

Anda bisa mengunyah obat ini sekitar satu jam sebelum makan, dua jam setelah makan, dan saat menjelang tidur. 

Jangan konsumsi obat ini apabila Anda memiliki kondisi hipofosfatemia atau kadar fosfat yang tinggi. Anda juga tidak dianjurkan meminum obat ini apabila menderita gangguan ginjal dan hati yang berat. 

Obat Lexacrol tablet bisa didapatkan secara bebas tanpa perlu menggunakan resep dokter. Tapi, jika pemakaiannya tak kunjung membuat gejala Anda membaik, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *