Cara-cara Mencegah Munculnya Ketiak Hitam

Cara-cara Mencegah Munculnya Ketiak Hitam

Ketiak hitam bisa membuat Anda menjadi orang minder dan tidak mampu berekspresi. Sebenarnya, banyak cara untuk bisa kembali mencerahkan kulit ketiak yang sudah telanjur gelap. Anda bisa menggunakan krim dari dokter maupun memakai bahan-bahan alami, seperti mentimun ataupun lemon. Meskipun demikian, pemutihan kembali ketiak hitam memerlukan waktu yang cukup lama. Hasilnya pun tidak akan membuat seluruh bekas hitam menghilang sempurna. 

Lebih mencegah daripada mengobati. Adagium ini pun cocok untuk masalah ketiak hitam. Daripada pusing mencari jutaan cara mencerahkan ketiak hitam, alangkah lebih baik Anda menghindari berbagai penyebabnya sebagai upaya pencegahan. 

Mencegah ketiak hitam pun ternyata tidak sulit. Cukup lakukan tips-tips di bawah ini, Anda tidak akan menjumpai masalah ketiak hitam yang bikin pusing. Berani mencobanya?

  1. Turunkan Berat Badan 

Salah satu penyebab ketiak hitam adalah berat badan yang berlebih. Berat badan yang berlebih alias obesitas akan membuat lipatan di berbagai area tubuh semakin banyak sehingga gesekan yang membuat kulit hitam pun kian mudah terjadi, tidak terkecuali di area bawah lengan. Selain itu, kelebihan berat badan bisa menyebabkan perubahan hormon yang salah satunya memicu pigmentasi berlebih. Jadi, mulailah untuk berdiet sehat dan berolahraga mulai sekarang. Berat badan ideal akan menghindarkan Anda dari masalah ketiak hitam. 

  1. Berhati-hati Pilih Deodoran

Banyak kasus ketiak hitam terjadi karena pemakaian deodoran yang salah. Namun bukan berarti, Anda tidak boleh memakai deodoran agar ketiak senantiasa cerah. Anda hanya perlu lebih selektif dalam memilih deodoran yang mau dipakai. Pastikan kandungan alkohol tidak ada dalam deodoran tersebut. Pasalnya, paparan alkohol dari deodoranlah yang membuat kulit ketiak menggelap. 

  1. Kenakan Pakaian Longgar 

Hentikan kebiasaan memakai pakaian yang ketat mulai sekarang! Pakaian yang ketat rentan memicu gesekan berlebih pada kulit sehingga membuat area tersebut menggelap. Kondisi ini lebih rentan lagi terjadi pada ketiak Anda. Karena itu kalau Anda ingin mencegah munculnya ketiak hitam, lebih baik kenakan pakaian longgar sesering mungkin. Pakaian longgar akan membuat aliran udara ke ketiak lebih lancar serta tidak memicu gesekan berlebih. Jadi, kulit ketiak Anda akan senantiasa cerah. 

  1. Jangan Terlalu Sering Mencukur 

Mencukur memang bisa membuat bulu-bulu di kulit ketiak menghilang dan Anda menjadi lebih percaya diri. Namun, terlalu sering mencukur bisa menimbulkan dampak lanjutan berupa menghitamnya kulit ketiak Anda. Karena itu, lebih baik Anda tidak terlalu sering mencukur bulu ketiak. Seberapa banyak Anda mencukur ketiak dalam sebulan? Mulai sekarang cukurlah ketiak 1-2 bulan sekali saja untuk meminimalkan penghitaman kulit ketiak. 

  1. Lembapkan Ketiak 

Keringnya kulit ketiak akan membuat area kulit akan lebih mudah terinfeksi ataupun mengalami kematian sel-sel. Kondisi tersebut akhirnya akan membuat area di bawah lengan Anda menjadi hitam. Walaupun Anda belum diterpa masalah ketiak hitam, tidak ada salahnya mulai melembapkan ketiak dengan bahan-bahan alami. Anda bisa menggunakan perasan air kentang ataupun mentimun untuk memberikan kelembapan pada area ketiak Anda. 

  1. Kurangi Santapan Manis 

Ketiak hitam juga bisa menjadi penanda penyakit. Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang rentan mengubah warna kulit di ketiak menjadi gelap. Ini karena diabetes merusak pankreas dan membuat kinerja hormon menjadi tidak wajar. Untuk menghindari masalah ketiak hitam akibat kadar gula darah tinggi, Anda cukup mengurangi santapan makanan dan minuman manis. Tentunya Anda juga harus menyertainya dengan olahraga yang rutin. 

*** 

Apabila ketiak hitam telanjur melekat di kulit bawah lengan Anda, barulah Anda bisa menggunakan cara-cara alami mencerahkan kulit ketiak. Jika tidak hilang juga, cobalah periksakan ke dokter sebab bisa jadi, ketiak hitam tersebut merupakan efek samping dari pemakaian obat ataupun penyakit kelenjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *