Cara Memilih Foundation yang Tepat Bagi Pemula

Cara Memilih Foundation yang Tepat Bagi Pemula

Foundation merupakan salah satu produk makeup yang sering digunakan untuk meratakan warna kulit. Foundation juga dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat, meski tidak seampuh concealer. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara memilih foundation yang tepat bagi tiap kondisi kulit.

Bagi sebagian wanita khususnya para pekerja, foundation merupakan salah satu makeup wajib yang harus mereka gunakan. Begitu juga bagi mereka yang ingin mendatangi suatu pesta.

Cara Memilih Foundation yang Tepat

Namun, tidak semua wanita tau bagaimana cara memilih foundation yang tepat, khususnya para pemula yang baru mengenal makeup. Karena salah memilih foundation dapat membuat wajah dan leher kamu terlihat belang. Ada beberapa cara yang bisa kamu perhatikan untuk memilih foundation, yaitu:

1. Ketahui Skin Undertone Kamu

Cara pertama adalah dengan mengetahui skin tone kamu. Ini merupakan keharusan bagi kamu yang ingin membeli foundation secara online. Ada tiga jenis skin undertone yaitu warm, cool dan neutral. Cara untuk mengetahui kamu memiliki undertone apa, adalah dengan melihat pembuluh darah vena di bawah cahaya terang.

JIka kamu memiliki undertone warm, maka pembuluh darah kamu akan berwarna hijau. Jika undertone kamu cool, maka pembuluh darah akan berwarna biru. Namun jika pembuluh darah kamu berada diantara warna biru dan hijau atau kamu sulit membedakannya berarti undertone kamu adalah neutral.

2. Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Memilih foundation harus disesuaikan dengan kondisi kulit kamu. Karena tidak semua foundation cocok untuk jenis kulit tertentu. Jika kamu memiliki kulit wajah yang kering maka pilih foundation cair yang mengandung pelembab. Kalau kulit kamu berminyak, maka pilih foundation dengan hasil akhir matte yang tidak mengandung minyak. Dan jika kulit berjerawat maka gunakan foundation yang mengandung asam salisilat atau pilih yang aman untuk kulit sensitif.

3. Jangan Mencobanya di Tangan

Saat membeli foundation di toko secara langsung, pasti banyak dari kamu yang mencoba melihat kecocokan shades dengan mengoleskannya pada tangan. Padahal tangan bisa saja memiliki warna kulit yang berbeda dengan wajah dan hasilnya tentu kamu akan mendapatkan shade foundation yang salah.

Jika tidak mau mencobanya langsung di wajah, maka kamu bisa mengoleskannya di leher. Dan jika ragu, kamu bisa memilih warna yang sedikit lebih terang karena biasanya foundation dapat teroksidasi setelah penggunaan hingga terlihat lebih gelap.

4. Pilih Tipe Foundation yang Tepat

Ada beberapa tipe foundation yang ada di pasaran yaitu liquid atau cair, stick atau powder. Bagi pemula, liquid foundation pilihan tepat karena mudah diaplikasikan dengan menggunakan kuas atau spons. Foundation stick memiliki tekstur padat yang cocok bagi kamu yang ingin pergi ke pesta karena memberikan hasil yang tebal. Jenis cushion powder cukup mudah digunakan, namun memiliki formula yang cukup kering sehingga lebih cocok untuk kulit berminyak.

Tips Menggunakan Foundation

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih foundation yang tepat, selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana mengaplikasikan foundation yang benar di wajah tanpa terlihat tebal.

1. Persiapkan Kulit Wajah Kamu

Sebelum mengaplikasikan foundation, cuci bersih wajah kamu terlebih dahulu. Lalu gunakan pelembab dan tabir surya dan tunggu hingga mengering. Kamu juga bisa mengaplikasikan day cream atau toner terlebih dahulu.

2. Siapkan Alat

Siapkan alat makeup seperti spons lalu basahi dengan air. Kamu bisa mulai mengaplikasikannya dengan menaruhnya di punggung tangan terlebih dahulu. Kemudian oleskan sedikit pada spons dengan ujung yang lebih lebar dan aplikasikan mulai dari tengah wajah dan ratakan. Kamu bisa tap tap spons di wajah untuk hasil yang lebih efektif.

Dan untuk area yang kecil seperti hidung atau bawah mata, kamu bisa menggunakan ujung spons yang lebih runcing.

3. Tambahkan Bedak

Jika foundation sudah rata di kulit wajah, selanjutnya kamu bisa menggunakan bedak tabur di wajah dengan bantuan kuas. Kamu juga bisa mengaplikasikan blush on atau highlighter guna melengkapi penampilan kamu.

Nah bagaimana? Masih bingung mengetahui cara memilih foundation yang tepat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *