Cara Mengatasi Kutu Air dengan Neo Ultrasiline

Kutu air atau yang kerap disebut sebagai tinea pedis adalah penyakit kulit kaki yang disebabkan karena infeksi jamur menular. Namun, tak hanya kaki, kutu air juga dapat menyebar sampai kuku kaki dan tangan. Kutu air juga sering disebut sebagai kaki atlet karena hal ini sering terjadi pada atlet. Anda bisa mengatasi kutu air dengan menggunakan obat yang dijual bebas, salah satunya yaitu Neo Ultrasiline Krim.

Kutu air bukan merupakan suatu penyakit yang serius, namun terkadang sulit untuk menyembuhkannya. Apalagi jika Anda mengalami diabetes atau memiliki kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah, jika Anda mengalami kutu air maka Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Penyebab Kutu Air

Kutu air dapat terjadi saat jamur tinea tumbuh di kaki Anda. Jamur ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dari orang yang sudah terinfeksi atau saat Anda menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi oleh jamur. Selain itu, jamur juga lebih menyukai tumbuh di tempat yang hangat dan lembap. Oleh karena itu, jamur ini biasanya Anda temukan di kamar mandi, sekitar kolam renang dan di ruang ganti.

Faktor Risiko Kutu Air

Semua orang berisiko terkena kutu air, apalagi jika Anda melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  • Mengunjungi tempat umum tanpa memakai alas kaki, terutama saat berada di ruang ganti, kolam renang, atau di kamar mandi
  • Berbagi barang pribadi dengan orang yang terinfeksi seperti kaus kaki, handuk, dan sepatu
  • Memakai sepatu yang terlalu ketat dan tertutup
  • Membiarkan kaki tetap kembap untuk waktu yang lama
  • Memiliki kondisi kaki yang terus menerus berkeringat
  • Mengalami cedera pada kulit atau trauma pada kuku di kaki

Gejala Kutu Air

Meski bisa Anda obati dengan menggunakan Neo Ultrasiline Krim, Anda juga perlu mengetahui gejala yang ditimbulkan jika kutu air menyerang kulit Anda. Berikut beberapa gejala kutu air yang perlu diwaspadai.

  • Timbul rasa gatal-gatal, perih, dan sensasi seperti terbakar yang terasa di sela-sela jari kaki atau telapak kaki
  • Timbul lecet di kaki yang gatal
  • Kulit pada kaki menjadi pecah-pecah dan terkelupas, hal ini sering terjadi di antara jari kaki dan telapak kaki
  • Telapak kaki atau sisi kaki menjadi terasa kering
  • Terjadi perubahan warna pada kuku kaki, menjadi lebih tebal, dan rapuh
  • Kuku kaki terlihat tertarik dari dasar kuku

Pengobatan Kutu Air

Kutu air dapat diatasi menggunakan beberapa obat resep, seperti:

  • Klotrimazol atau mikonazol topikal yang harus disertai dengan resep
  • Obat antijamur yang digunakan secara oral seperti itrakonazol, flukonazol, atau terbinafine yang perlu didukung dengan resep dokter
  • Obat steroid topikal yang dapat mengurangi peradangan yang terasa menyakitkan
  • Mengonsumsi antibiotik secara oral jika terjadi infeksi karena bakteri 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan metode pengobatan rumahan dengan cara merendam kaki ke dalam air yang sudah dilarutkan garam atau cuka encer untuk membantu mempercepat mengeringnya luka lepuh. 

Minyak tea tree dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi kutu air. Meski begitu, tetap tanyakan kepada dokter apakah kondisi kutu air Anda bisa diatasi dengan larutan minyak tea tree atau tidak.

Anda juga bisa mengobati kutu air dengan mengoleskan obat Neo Ultrasiline Krim karena diklaim dapat mengobati infeksi yang disebabkan karena jamur. Obat oles Neo Ultrasiline Krim diketahui memiliki kandungan bahan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda seperti clotrimazole yang efektif menjadi obat antijamur dengan cara menghambat pertumbuhan jamur penyebab infeksi. 

Namun, Anda harus memastikan bahwa penggunaan obat mengandung clotrimazole seperti Neo Ultrasiline Krim seharusnya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter agar dapat dipastikan bahwa jamur yang menyebabkan infeksi telah mati dan memastikan tidak akan timbul infeksi lagi. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp 11.500 untuk kemasan isi 10 gram yang bisa Anda dapatkan lewat toko obat atau apotek terdekat di kota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *