Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Ini Pilihannya

Perut yang gendut dan cenderung bergelambir kerap menjadi masalah bagi para wanita sehabis melahirkan. Anda bisa jadi menjadi salah satu orang yang sedang bingung mencari cara mengecilkan perut setelah melahirkan karena merasa tingkat percaya diri menurun dan pakaian banyak yang menjadi tidak muat. 

Sebenarnya, cara mengecilkan perut setelah melahirkan tidaklah sesulit yang dibayangkan atau diceritakan banyak orang. Banyak cara alami dan mudah yang mulai bisa Anda terapkan sebagai ikhtiar mengecilkan perut pasca persalinan. 

Berikut ini adalah beberapa solusi mengecilkan perut yang dapat para ibu lakukan sehabis melahirkan. Cara mengecilkan perut setelah melahirkan di bawah ini terbilang efektif, asalkan Anda melakukannya secara konsisten. 

Susui Bayi secara Rutin 

Menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut setelah melahirkan sebenarnya dapat terjawab dari kegiatan menyusui Anda. Biasakan menyusui anak secara langsung atau tetap memerah ASI jika memungkinkan. Aktivitas ini dapat membakar kalori di tubuh hingga 500 kalori. Bukan hanya itu, saat Anda menyusui, isapan dari si kecil akan membuat rahim berkontraksi sehingga lebih cepat ke ukuran asal. Dalam artian, berat badan Anda bisa lebih mudah turun dan perut juga bisa lekas mengecil. 

Jangan Takut untuk Berolahraga 

Masa kehamilan sangat mungkin membatasi pergerakan Anda, termasuk dalam berolahraga. Namun, lupakan pembatasan gerakan tersebut setelah Anda melahirkan sang buah hati. Kini saatnya memulai kembali keaktifan berolahraga. Anda mungkin berpikir sulit melakukan olahraga karena harus menjaga si kecil. Jangan khawatir, menari di depan kecil sembari menjaganya ataupun melakukan gerakan-gerakan olahraga yang statis di satu tempat bisa menjadi jalan keluar. 

Perhatikan Asupan Makanan  

Besar kemungkinan Anda akan lebih mudah merasa lapar, apalagi jika menyusui. Inilah yang akan menghambat penurunan berat badan maupun pengecilan perut Anda pasca melahirkan! Mulai sekarang, cobalah untuk lebih memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan pastikan kalori yang masuk tidak melewati 2200 kalori. Salah satu caranya bisa dengan mengurangi asupan gula maupun menghindari makanan-makanan olahan yang tinggi garam. 

Perbanyak Minum Air Putih 

Air minum sangat penting untuk kesehatan Anda secara menyeluruh. Ini juga dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang efektif. Pastikan Anda memperbanyak asupan air putih lebih dari 8 gelas dalam sehari untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Karena cairan tanpa kalori yang berlimpah akan membuat metabolisme Anda menjadi lebih lancar. Jadi, pembakaran lemak di tubuh, tidak terkecuali di perut, dapat berjalan optimal. 

Memakai Korset 

Sering mendengar saran untuk memakai korset pasca melahirkan? Memakai korset bukan hanya efektif memperbaiki postur tubuh setelah melahirkan agar tidak memungkuk. Memakai korset juga dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan karena pemakaian produk ini dapat mengencangkan otot selama beberapa waktu, sekaligus membatasi nafsu makan Anda! 

Lakukan Terapi Pijat 

Pilihan lainnya yang dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan adalah melakukan terapi pijat. Terapi pijat yang benar dapat membantu rahim ke bentuk semula dengan cepat sehingga ukuran perut yang membesar pun dapat segera berkurang. Selain itu, terapi pijat juga membuat Anda bisa lebih rileks dan energik pasca melahirkan. Namun pastikan, Anda melakukan terapi pijat dengan terapis yang tepat. 

Jadi, cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang mana yang mau Anda pilih? Alangkah lebih baik jika Anda menggabungkan beberapa cara mengecilkan perut di atas agar lebih efektif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *