Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Memiliki berat badan yang ideal bagi wanita adalah hal yang sangat didambakan. Masalah berat badan merupakan masalah yang cukup sensitif bagi para kaum wanita. Banyak sekali perempuan yang tidak puas dengan berat badannya sehingga kerap melakukan diet ekstrem yang justru bisa membahayakan kesehatan. Untuk mengetahui berat badan ideal, penting untuk mengetahui terlebih dahulu cara menghitung berat badan ideal. Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara menghitung berat badan ideal wanita dan cara menjaga berat badan”

Sebelum memulai, perlu diketahui bahwa menghitung berat badan ideal bagi perempuan tidak hanya sekedar kondisi fisik saja. Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menghitung berat badan ideal secara tepat. Contohnya, usia, jenis kelamin, tinggi badan, persentase lemak tubuh, aktivitas fisik, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal?

Untuk mengetahui berat badan ideal, kamu bisa membandingkannya dengan tinggi badan yang dimiliki. Maka dari itu, sebelum mulai menghitung berapa berat badan yang ideal, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tinggi badan kamu.

  1. Menghitung Berat Badan dengan Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah cara mudah menghitung berat badan ideal berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Jika kamu menggunakan BMI, maka kamu harus memahami bahwa rumus berat badan ideal tersebut tidak berlaku untuk atlet atau binaragawan. Hal itu dikarenakan atlet memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan orang biasa yang bukan atlet. Cara penghitungannya, berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Contoh:

Semisal kamu memiliki berat badan 70 kilogram (kg) dan tinggi 160 centimeter (cm) atau ketika dikonversi dalam satuan meter jadi 1,60 meter (m). Kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,60 x 1,60 = 2,56.

Kemudian, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 70/2,56 = 23,4.

BMI 23,4 jika dilihat berdasarkan standar World Health Organization (WHO), dapat dikatakan normal atau ideal.

Kategori BMI:

  • Berat Badan Kurang = <18.5
  • Berat Badan Normal = 18.5-24.9
  • Berat Badan Berlebih = 25-29.9
  • Obesitas = >30
  1. Menghitung Berat Badan dengan Rumus Broca

Dibandingkan BMI, rumus Broca digadang-gadang memberikan gambaran yang lebih spesifik karena dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya. Hal ini dikarenakan perempuan dan laki-laki memiliki komposisi tubuh yang berbeda. 

Tidak seperti laki-laki yang memproduksi hormon testosteron dalam jumlah tinggi, perempuan hanya menghasilkan sedikit testosteron. Hormon ini bisa disebut sebagai pemicu pertumbuhan sehingga laki-laki memiliki struktur tulang dan otot lebih besar. Berikut cara menghitung berat badan ideal wanita menggunakan rumus Broca.

Rumus Broca untuk perempuan: ((tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

  1. Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Buat ibu hamil, cara yang dipakai sudah pasti berbeda. Menghitung berat badan ideal ibu hamil harus pula mempertimbangkan lamanya usia kehamilan dan berat badan normal janin di dalamnya.

Rumus berat badan ideal ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Berat badan ideal ibu hamil = berat badan ideal + (usia kehamilan (dalam minggu) x 0,35)

Semisal kamu sudah memasuki usia kehamilan pekan ke-20. Berat badan idealnya dihitung menggunakan rumus Broca adalah 51 kg. Maka berat badan ideal kamu di minggu ke-20 kehamilan adalah:

Berat badan ideal = 51 + (20 x 0,35) = 58 kg

Perlu diketahui jika perhitungan berat badan wanita ideal tidak selalu akurat tergantung dari kondisi tubuh mereka sendiri. Ibu hamil dan perempuan lansia bisa saja memiliki berat badan ideal yang berbeda karena komposisi tubuhnya banyak berubah.

Itulah beberapa cara menghitung berat badan ideal wanita yang bisa kamu coba. Mengetahui cara menghitung berat badan ideal tentu penting sebagai upaya mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *