Cara Mudah Mengatasi Radiasi Hp Agar Mata Terjaga

Cara Mudah Mengatasi Radiasi Hp Agar Mata Terjaga

Gadget telah menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap umat manusia. Kemajuan telekomunikasi ini memang memberikan banyak manfaat, tetapi juga terdapat efek samping apabila tidak digunakan dengan baik. Paparan sinar radiasi hp adalah salah satu dari efek samping yang perlu diwaspadai para penggunanya. 

Paparan sinar dari gadget yang terlalu lama akan membuat mata terasa lelah, sakit kepala, dan penglihatan kabur. Jika terlalu sering terpapar sinar radiasi hp, dampak yang lebih buruk mungkin saja terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasi sinar radiasi hp agar tidak menimbulkan efek samping yang serius? 

  • Atur cahaya ruangan 

Ultraviolet ternyata tak hanya dipancarkan oleh handphone saja, tetapi terdapat juga pada cahaya lampu rumah seseorang. Sehingga meskipun kita sudah melakukan banyak cara untuk menghalau sinar UV dari dari handphone, Anda juga perlu memerhatikan cahaya ruangan di tempat Anda menggunakan handphone. 

Pilih lampu dengan cahaya yang hangat seperti lampu pijar atau LED kuning daripada lampu neon atau lampu LED putih agar bisa mengurangi paparan sinar UV dari luar handphone. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lilin untuk penerangan yang bebas dari sinar biru. Dengan lampu yang cenderung kurang terang ini, ada baiknya seseorang juga mengurangi kecerahan layar dari handphone agar semakin nyaman di mata.

  • Kurangi kontras hp

Jika layar handphone seseorang tidak menggunakan pelindung, risiko sinar radiasi hp langsung masuk ke otot siliaris, bagian mata yang menerima rangsangan cahaya dan warna, akan semakin besar.

Oleh karena itu, kurangi kontras cahaya handphone  agar mata tidak cepat lelah dan sakit. Selain itu, usahakan untuk tidak menatap layar handphone ketika seseorang berada dalam kegelapan.  

  • Kedipkan mata sesering mungkin

Berkedip dapat menjaga mata agar tetap lembab dan mengurangi iritasi dan membuat mata tidak cepat kering. Saat menghadap ke layar handphone, mata kita berkedip sepertiga detik lebih lambat, hal itu yang menyebabkan air mata mengering. Cobalah berkedip sekitar 10 kali setiap 20 menit atau lebih agar mata tetap basah dan mengurangi efek dari radiasi hp. Selain itu, sering berkedip juga dapat membuat tingkat fokus mata menjadi meningkat.

  • Istirahatkan mata

Terapkan konsep 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata dari kegiatan apa pun. Caranya adalah seseorang harus berhenti melihat layar setiap 20 menit selama 20 detik sambil melihat sesuatu yang jaraknya 20 meter dari posisi mereka. Teknik tersebut dapat membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks.

  • Gunakan kacamata antiradiasi

Kacamata antiradiasi dibuat khusus untuk menangkal sinar UV agar tidak menembus ke mata. Kacamata ini tersedia di pasaran, berupa kacamata biasa yang memiliki lensa anti radiasi dan juga kacamata untuk gangguan penglihatan seperti plus, minus, dan silindris yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi. 

Memulai kebiasaan menggunakan kacamata antiradiasi setiap akan melihat handphone dalam jangka waktu yang lama baik untuk menghindari mata kemerahan akibat sinar radiasi hp.

***

Kira-kira itulah sejumlah cara yang dapat diterapkan untuk mencegah bahaya sinar radiasi yang dipancarkan layar handphone. Sinar radiasi hp dapat menyebabkan mata menjadi bermasalah. Awalnya mata mengalami lelah, lalu berujung stres, dan sakit mata. 

Memilih handphone yang tepat mungkin bisa menjadi solusi. Sebab produsen handphone saat ini sudah mulai sadar akan dampak dari radiasi hp sehingga mereka melengkapi produk mereka fitur Blue Light Filter. Fitur ini mengubah warna layar yang tadinya kebiruan menjadi kekuningan sehingga lebih nyaman untuk mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *