Cara Pemberian Proris Sirup pada Buah Hati

Demam pada buah hati bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari flu, tumbuhnya gigi baru, atau cedera saat bermain. Jika anak Anda mengalami hal diatas, segera redakan dengan Proris sirup. 

Proris sirup merupakan obat yang berkhasiat menurunkan demam dan nyeri ringan hingga sedang. Obat ini bisa digunakan pada anak-anak berusia dibawah 2 tahun karena tidak mengandung alkohol dan kandungan bahan aktif yang disesuaikan. Namun penggunannya harus dibawah pengawasan dokter. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui cara pemberian Proris sirup yang tepat untuk si kecil. 

Kandungan dan manfaat obat

Proris sirup mengandung ibuprofen yang bekerja sebagai penurun panas dan pereda nyeri. Setiap 5 ml (satu sendok takar) mengandung ibuprofen 100 mg. 

Proris sirup dapat digunakan sebagai pertolongan pertama bila si kecil terkena demam atau nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, atau bahkan nyeri menjelang haid (dismenore) pada anak yang baru pertama kali menstruasi atau pada wanita dewasa. 

Proris sirup juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri pasca cabut gigi, sakit kepala, nyeri setelah cedera seperti keseleo, dan radang sendi pada masa kanak-kanak. 

Dosis dan aturan pakai

Proris sirup merupakan obat bebas terbatas yang penggunaannya harus sesuai petunjuk pada kemasan atau anjuran dari dokter atau tenaga kesehatan lainnya. 

Obat sebaiknya diminum setelah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Anak dengan usia 1 hingga 2 tahun: 2,5 mL sebanyak 3 kali/hari
  • Anak dengan usia 3 hingga 7 tahun: 5 mL sebanyak 3 kali/hari 
  • Dewasa dan anak dengan usia 8 hingga 12 tahun: 10 mL sebanyak 3 kali/hari.

Gunakan sendok takar yang telah disediakan. Jangan menggunakan sendok makan atau sendok teh karena dosisnya akan berbeda.

Apabila Anda melewati satu dosis, segera minum sebelum waktunya terlewat. Namun jika sudah memasuki waktu minum obat berikutnya, jangan berikan dosis ekstra (misalnya 5 ml menjadi 10 ml) dan minum seperti biasa.  

Bolehkah meminum Proris sirup dengan obat lain?

Ibuprofen dalam Proris sirup umumnya bisa digunakan dengan obat lain. Misalnya, jika dalam waktu satu jam setelah meminum Proris sirup suhu si kecil masih tinggi, Anda bisa memberikan parasetamol. 

Dalam kasus nyeri, termasuk tumbuh gigi, parasetamol bisa diberikan setelah 2 jam meminum ibuprofen. Jika cara ini berhasil, Anda bisa mengganti ibuprofen dengan parasetamol. 

Cara tersebut berhasil jika parasetamol diberikan beberapa jam setelah meminum ibuprofen, bukan mencampurnya secara bersamaan. Namun tak semua obat bisa diminum setelah penggunaan ibuprofen karena dapat menghasilkan interaksi negatif. Obat-obatan tersebut antara lain:

  • Aliskiren
  • Penghambat ACE
  • Penghambat reseptor angiotensin II
  • Kortikosteroid
  • Litium

Mengombinasikan obat-obatan berikut dengan ibuprofen dapat meningkatkan risiko pendarahan, yaitu:

  • Anti- platelet seperti clopidogrel 
  • Obat pengencer darah seperti dabigatran, enoxaparin, dan warfarin

Selain itu, jangan mengombinasikan dua obat pereda nyeri atau penurun demam bersamaan karena dapat menyebabkan efek samping.

Bolehkah bayi meminum Proris sirup?

Ibuprofen tidak boleh diberikan pada bayi dibawah 3 bulan. Adapun pemberian Proris sirup untuk anak dibawah usia 1 tahun harus sesuai dengan anjuran dokter. Pemberian ibuprofen pada anak yang berusia lebih muda didasarkan pada berat badan anak. Namun kebanyakan dokter menyarankan untuk menggunakan cara alami jika bayi terkena demam. 

Proris sirup bekerja lebih efektif jika diberikan saat gejala awal muncul. Memberikan Proris saat kondisi sudah memburuk tidak akan efektif. Jika setelah minum obat kondisi anak tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *