Cocok untuk Anak-Anak, Ini Rekomendasi Es Krim Sehat

es krim sehat

Es krim terkenal sebagai salah satu hidangan penutup yang disukai oleh banyak orang, khususnya anak-anak. Sayangnya, es krim seringkali dianggap kurang menyehatkan karena rasanya yang manis dan dingin. Namun, sebenarnya ada es krim sehat yang bisa dijadikan alternatif untuk mengonsumsi es krim sambil tetap menjaga kesehatan.

Berbeda dengan es krim biasa, es krim sehat biasanya terbuat dari bahan-bahan alami yang menyehatkan. Anda bisa memberikan es krim ini kepada anak Anda, tanpa perlu takut memberikan efek negatif terhadap kesehatan mereka. 

Macam-macam contoh es krim sehat

Anda mungkin mengira bahwa semua es krim tidak menyehatkan. Tapi, dengan bahan-bahan alami, es krim sehat berikut ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak Anda:

  • Es krim dari alpukat

Alpukat memiliki tekstur buah yang lembut dan halus. Sekilas, tekstur buah ini akan tampak serupa dengan tekstur es krim.

Daging buah alpukat tergolong cukup creamy. Lemaknya memberikan rasa enak di mulut, lembut seperti sedang memakan es krim biasa. Bahkan, anak Anda bisa mendapatkan tambahan nutrisi dari buah alpukat, seperti serat, protein, dan karbohidrat.

  • Es krim dari susu almond

Susu almond dibuat dengan merendam almond di dalam air, lalu digiling dengan menggunakan blender. Campurannya disaring melalui kain tipis, kemudian jadilah susu almond. 

Ketika akan diolah menjadi es krim, susu almond yang sudah diproses akan ditambahkan dengan campuran minyak kelapa dan minyak sayur. Hal ini membuat susu almond menjadi kaya akan lemak dan mudah diolah menjadi es krim. 

  • Es krim dari buah stroberi

Anda mungkin sering mencoba es krim dengan rasa stroberi. Namun, es krim yang dijual umumnya hanya menambahkan perasa stroberi, bukan menggunakan buah stroberi asli.

Es krim sehat berbahan stroberi akan dibuat menggunakan setidaknya 10 buah stroberi besar yang asli. Buah tersebut kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam adonan susu, untuk kemudian diolah menjadi es krim.

  • Es krim dari kedelai

Anda mungkin pernah mencoba susu kedelai. Rasa dari es krim kedelai tak jauh berbeda dari susu kedelai. Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat kesehatan dari penggunaan kedelai ini.

Es krim dari kedelai bisa saja diolah langsung dari susu kedelai. Namun, ada juga yang diolah dari tahu. 

  • Es krim dari kelapa

Karena umumnya dibuat dari bahan susu, es krim dikenal kaya akan susu. Jika Anda mencari es krim yang bebas susu, Anda bisa memilih es krim kelapa.

Susu yang digunakan untuk es krim sehat dari kelapa adalah susu kelapa atau santan. Ini membuat produk es krim yang diolah menjadi lebih kental dan tebal, serta memiliki tekstur yang lezat. Rasa enak dari kelapa akan sangat menonjol tanpa perlu menggunakan perisa tambahan.

Itulah beberapa bahan alami yang seringkali digunakan untuk membuat es krim sehat. Anda bisa memilih untuk membeli produk es krim dengan bahan-bahan tersebut atau membuatnya sendiri di rumah.

Jika ingin membuat es krim sendiri di rumah, pastikan untuk mempersiapkan segala bahan serta peralatan yang dibutuhkan. Umumnya, Anda akan memerlukan alat masak berupa blender sebagai peralatan utama. 

Berikan rekomendasi es krim sehat di atas kepada anak Anda. Dengan begitu, anak tetap bisa mengonsumsi hidangan penutup yang enak namun tetap menyehatkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *