Enkasari dan Bahan Alami Penghalang Bau Mulut

Bau mulut bisa sangat membuat Anda malu ketika harus berhadapan dengan orang lain.  Anda bisa segera mengatasinya dengan berkumur menggunakan obat kumur seperti Enkasari maupun merek lainnya. Obat kumur dapat membantu membilas kuman dan bakteri yang ada di rongga mulut, yang menjadi sumber dari napas tak sedap. 

Selain obat kumur seperti Enkasari, mengatasi atau mencegah bau mulut juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Banyak bahan yang ada di dapur Anda dapat menjadi senjata untuk membersihkan rongga mulut sehingga tidak perlu menemui masalah bau mulut yang menurunkan tingkat kepercayaan diri. 

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa menjadi penghalang bau mulut menghampiri. Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa mengusir dan mencegah bau mulut bisa semudah dan sealami bahan-bahan di bawah ini. 

Air Putih 

Selain karena adanya kuman dan bakteri yang lengket di rongga mulut, bau mulut tidak jarang timbul akibat mulut kering. Pasalnya ketika mulut kering, air liur menjadi sedikit padahal peran air liur adalah menjaga kebersihan mulut. Anda cukup kembali melembapkan rongga mulut dengan memastikan asupan cairan sebanyak 2—2,5 liter per hari dapat terpenuhi. Minumlah air putih lebih banyak di pagi hari karena mulut kering kerap terjadi ketika Anda bangun tidur. 

Kayu Manis 

Anda bisa mengekstrak kayu manis menjadi minyak kemudian menggunakannya sebagai bahan berkumur. Pasalnya, minyak dari kayu manis. Memiliki sifat efek antibakteri. Bahan alami ini juga dapat mengurangi kadar hidrogen sulfida yang kerap pula menjadi dalang bau mulut. Namun, jangan lupa untuk mengencerkan minyak kayu manis sebelum digunakan untuk obat berkumur agar tidak menyebabkan kerusakan pada sel-sel gusi Anda, ya. 

Teh Hijau  

Teh hijau adalah teh kaya antioksidan yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis. Antioksidan yang paling melimpah dalam teh hijau adalah Epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Jenis antioksidan ini memicu sel-sel di gusi untuk melepaskan bahan kimia antimikroba. Bahan kimia lain dalam teh hijau mungkin juga memiliki sifat antibakteri. Ekstrak teh hijau ini pula yang menjadi salah satu komponen pada obat kumur Enkasari sehingga efektif mengusir bau mulut yang mengganggu. 

Nanas 

Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan tercepat dan paling efektif untuk bau mulut. Anda hanya perlu meminum segelas jus nanas setelah makan untuk membuat napas kembali segar. Anda juga bisa mengunyah irisan nanas selama 1—2 menit  untuk menghilangkan bau mulut. Jangan lupa membilas mulut Anda Dengan air putih setelah mengonsumsi atau meminum jus nanas tersebut. 

 Yogurt 

Yogurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri baik ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh Anda, seperti usus Anda. Namun, siapa sangka ternyata bakteri yang ada pada yogurt juga berguna melibas bakteri yang ada di rongga mulut sehingga membuat napas Anda lebih segar. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan, yogurt dapat membantu mengurangi bau mulut hingga pada 80 persen orang yang mengonsumsinya. Untuk menggunakan yogurt melawan bau mulut, makanlah setidaknya seporsi yogurt tawar tanpa lemak per hari.

 Apel 

Satu studi menemukan, apel mentah memiliki efek yang kuat terhadap bau bawang putih. Senyawa alami tertentu dalam apel menetralkan senyawa berbau busuk dalam bawang putih. Ini sangat berguna bagi orang-orang yang napas bawang putihnya tetap ada, karena menetralkan senyawa dalam aliran darah, bukan hanya menghilangkan bau mulut.

Mengandung bahan alami yang terbukti efektif memerangi bau mulut, Enkasari adalah obat kumut yang tepat untuk membuat napas lebih segar. Di samping obat kumur ini juga mampu menjaga kepadatan gigi sehingga bisa meminimalkan risiko erosi gigi, gigi keropos, maupun gigi retak. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/enkasari-mouthwash-freshmint-250-ml
https://www.medicalnewstoday.com/articles/326120
https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath
https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/ways-fight-bad-breath-naturally/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *