Ini Dia Makanan Sumber Vitamin D yang Paten!

Popularitas vitamin D semakin naik ketika jenis vitamin yang satu ini dianggap mampu meningkatkan imunitsas tubuh dan menghindarkan Anda dari risiko parah infeksi virus Covid 19. Pemburuan suplemen vitamin D pun menjadi cukup gila-gilaan hingga harganya melonjak tajam di beberapa tempat. 

Padahal, banyak sumber vitamin D alami yang bisa Anda peroleh dari sinar matahari maupun makanan. Tentu saja vitamin D yang ada di sumber-sumber alami tersebut tidak kalah hebat dibandingkan suplemen vitamin D. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah jumlah asupan idealnya untuk mendukung kesehatan Anda. Oran dewasa berusia di bawah 70 tahun pada umumnya memerlukan vitamin D sebanyak 600 IU. 

Memang tidak bisa mengandalkan sinar matahari semata untuk mendapatkan sumber vitamin D, apalagi di musim penghujan. Namun, mendapatkan vitamin D dari makanan-makanan di bawah ini tentu bukan sesuatu yang mustahil. 

Salmon 

Satu porsi salmon dengan ukuran 100 gram bisa menyediakan sebanyak 361 sampai 685 IU vitamin D bagi Anda. Itu lebih hampir mencukupi kebutuhan vitamin D harian yang dianjurkan. Bahkan jika Anda memilih menyantap ikan salmon yang ditangkap secara liar, kandungan vitamin D-nya bisa melonjak hingga 988 IU. Artinya, Anda tidak perlu lagi memusingkan mencari suplemen vitamin D yang tepat jika rajin mengonsumsi salmon! 

Jamur

Jangan berpikiran bahwa sumber vitamin D hanya berasal dari sumber protein hewani. Nyatanya, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin D yang besar dari mengonsumsi jamur. Jamur maitake adalah jenis jamur yang menyediakan kandungan vitamin D tertinggi, mencapai 562 IU tiap 50 gram penyajiannya. Namun tidak usaha khawatir, jenis jamur lainnya juga menyuplai vitamin D di kisaran 500 IU per 50 gram bagi Anda. 

Ikan Sarden 

Mengonsumsi ikan sarden bukannya tidka bergizi, loh. Justru Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin D yang maksimal dari makanan yang satu ini. Dalam tiap 100 gram ikan sarden yang Anda makan, Anda bisa memperoleh sebanyak 272 IU vitamin D. Ini setara dengan 45 persen dari kebutuhan vitamin D yang dianjurkan. Jadi, ayo makan sarden! 

Ikan Tuna

Ikan laut nyatanya merupakan sumber vitamin D yang luar biasa! Selain salmon dan ikan sarden, ikan tuna pun layak menjadi pilihan sebagai sumber vitamin D yang tepat. Soalnya, dalam tiap 100 gram ikan tuna kalengan, Anda bisa mendapatkan hampir dari 34 persen kebutuhan vitamin D harian. Ya, ada sekitar 268 IU vitamin D dalam tiap 100 gram ikan tuna kalengan. Yang jelas, rasa ikan tuna kalengan pun sangat lezat dan bisa membuat Anda ketagihan. 

Udang

Suka makan udang? Bersyukurlah karena artinya menyukai makanan yang menjadi salah satu sumber vitamin D ideal. Ini karena dalam tiap 100 gram udang, terdapat kandungan vitamin D sampai 152 IU. Hanya saja, Anda juga perlu lebih hati-hati membatasi konsumsi makanan laut ini karena kolesterol pada udang juga tergolong tinggi. 

Susu Sapi 

Mau mendapatkan sumber vitamin D dengan mudah? Coba mulai rutin mengonsumsi susu sapi. Ya, susu bukan hjanya sumber kalsium ataupun fosfor, melainkan juga sumber vitamin D yang layak Anda pertimnangan. Secangkir susu dengan ukuran 237 mililiter saja bisa mengandung vitamin  D dengan kisaran 115—130 IU. Ini setara dengan dengan 15—22 persen kebutuhan vitamin D harian yang diperlukan tubuh. 

Oatmeal atau Sereal 

Oatmeal atau sereal bukan hanya cocok dijadikan menu sarapan karena kaya serat dan dapat menjadi modal energi untuk aktivitas sepanjang hari. Lebih daripada itu, oatmeal dan sereal merupakan pilihan menu sarapan yang mampu menyediakan vitamin D cukup besar. Kebanyakan oatmeal dan sereal sudah diperkaya vitamin D sehingga Anda bisa memperoleh kandungan vitamin D antara 54—136 IU untuk tiap porsinya. 

Susu Kedelai 

Mendapatkan sumber vitamin D untuk kaum vegetarian memang agak sulit, namun bukan sesuatu yang mustahil. Selain bisa memperolehnya dari aneka macam jamur, Anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin D lewat susu kedelai. Sudah banyak produk susu nabati ini yang diperkaya dengan tambahan vitamin D. Jika Anda mengonsumsinya, Anda bisa mendapatkan sekitar 107—117 IU vitamin D pada tiap cangkirnya. 

Yuk, mulai lebih rajin mengonsumsi berbagai makanan yang menjadi sumber vitamin D yang paten di atas. Dijamin, Anda akan merasa lebih fit dan menjadi terhindar dari berbagai ancaman penyakit, khususnya yang terkait dengan tulang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *