Jumlah Kalori Air Putih 0, Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

kalori air putih

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air. Tubuh pun juga membutuhkan asupan cairan yang perlu dipenuhi setiap harinya. Nah, pasti Anda penasaran apakah ada kalori air putih seperti jenis minuman atau makanan lainnya?

Air Putih Tidak Mengandung Kalori

Air putih yang biasanya dikonsumsi tidak memiliki rasa dan juga bebas kalori. Pada dasarnya kalori berasal dari tiga nutrisi sumber makanan seperti karbohidrat, protein, juga lemak. Bahkan minuman alkohol yang tidak mengandung nutrisi apapun juga menjadi penyumbang kalori. 

Namun, air putih tidak mengandung nutrisi yang disebutkan di atas, sehingga kalori air putih tidak ada alias nol. Dalam air putih terkandung mineral seperti zinc, kalsium, magnesium, hingga sodium. 

Seseorang yang mengonsumsi air putih 2 liter per hari bisa memenuhi 8-16 persen kebutuhan harian kalsium tubuhnya. Serta memenuhi 6-31 persen kebutuhan harian magnesium tubuh. 

Dalam tubuh, air berfungsi sebagai alat transportasi yang akan menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh, membantu menjalankan proses metabolisme, menjaga suhu tubuh, memberi struktur jaringan tubuh dan juga sel, hingga membantu membuang zat sisa yang ada dalam tubuh.

Air Putih Mengandung Kalori Bila Sudah Diolah

Air putih biasanya memiliki kalori jika sudah melalui pengolahan menjadi minuman lain. Minum yang dimaksud seperti:

  1. Infused Water

Air putih bisa diolah dengan menambahkan irisan buah yang dikenal dengan nama infused water. Biasanya air putih akan ditambahkan lemon, jeruk nipis, stroberi, timun, atau pun daun mint selama beberapa jam. 

Tapi tenang saja, sebab kalori infused water tidak terlalu tinggi. Pasalnya buah hanya mengandung sedikit saja kalori. Dari infused water ini Anda mendapatkan vitamin larut air dari buah-buahan yang direndam air.

  1. Minuman Bersoda

Minuman soda mengandung asam karbonat yang berasal dari larutan karbon dioksida. Sehingga minuman soda memiliki aroma dan juga rasa yang khas sekali. 

Minuman soda ada yang tawar dan ada pula yang dibseri perasa tambahan berupa pemanis yang mengandung kalori. 

Nah, sebaiknya minuman bersoda yang mengandung pemanis buatan inilah yang seharusnya dihindari karena sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh.

  1. Minuman Protein

Dalam minuman protein mengandung whey protein dan memang menjadi pilihan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Namun, jumlah kalori dalam minuman protein ini juga tinggi. Pemanis yang digunakan pun biasanya alami atau pemanis yang aman. Akan tetapi, pastikan membaca label komposisi sebelum membeli dan mengonsumsi minuman protein tersebut.

Kelebihan Minum Air Putih Terlalu Banyak, Apakah Berbahaya?

Dehidrasi memang kondisi yang sangat fatal dan harus dihindari dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Ada banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan cairan seseorang seperti jenis kelamin, usia, cuaca, berat badan, aktivitas, hingga makanan yang dikonsumsi.

Umumnya, patokan konsumsi air putih untuk perempuan sekitar 2,7 liter setiap hari, sedangkan laki-laki 3,7 liter setiap harinya. Namun, angka ini dapat berubah jika dalam kondisi tertentu, misalnya perempuan hamil dan menyusui. 

Mengonsumsi air terlalu berlebihan akan menyebabkan risiko overhidrasi yang menyebabkan adanya penumpukan cairan dalam tubuh dan membuat ginjal tidak bisa mengeluarkan urine secara optimal. 

Overhidrasi ini juga memunculkan gejala seperti kejang, sakit kepala, otot lemah, mual, muntah, hingga kebingungan. 

Anda bisa melihat dari warna urine untuk mengetahui apakah tubuh dehidrasi atau sudah terpenuhi. Selalu dengarkan apapun sinyal yang diberikan oleh tubuh sehingga Anda tahu kapan tubuh mengalami dehidrasi atau overhidrasi.

Ada banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh. Berbeda dari air yang memiliki rasa manis lainnya, kalori air putih sama sekali tidak ada. Sehingga sangat baik bagi orang yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *