Kapankah Waktu Terbaik Menggunakan Test Pack Akurat?

Dengan kehadiran test pack, tes kehamilan menjadi lebih mudah dilakukan sendiri di rumah, serta hasilnya dapat dilihat hanya dalam hitungan menit. Dalam penggunaannya, test pack akurat memiliki perbedaan dengan tes darah yang dilakukan di rumah sakit. Anda hanya perlu mencelupkan test pack akurat ke dalam urine beberapa saat lalu menunggu hasilnya selama 1 – 3 menit. 

Namun dalam penggunaannya, beberapa orang berbeda pendapat mengenai waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa tes ini harus dilakukan pagi hari. Apakah hal tersebut benar? Simak penjelasannya.

Test pack bekerja dengan cara mendeteksi adanya kadar hCG (human Chorionic Gonadotropin) atau hormon yang muncul pada tubuh wanita setelah terjadinya proses pembuahan dan embrio janin menempel pada dinding rahim. Hormon ini juga terdapat pada urine, oleh sebab itu mengapa test pack menguji urine untuk melakukan tes kehamilan. 

Pada wanita yang positif hamil, maka akan terdapat kadar hCG yang cukup tinggi, yakni sekitar 25 mIU/ml. Hal ini lah yang akan mempengaruhi hasil pada test pack akurat. Namun, kadar sensitivitas pada test pack berbeda-beda, ada pula yang mampu mendeteksi kadar hCG hanya sebanyak 5mIU/ml dan sudah memberikan hasil positif.

Ada dua jenis test pack akurat yang ada di pasaran, yakni test pack akurat strip dan compact. Kedua alat ini memiliki keunggulannya masing-masing dan memberikan keakuratan hasil hingga 99%.

Waktu terbaik melakukan tes kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa test pack akan mendeteksi kadar hCG dalam urine oleh sebab itu urine yang lebih pekat lah yang akan memberikan hasil terbaik. 

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk menggunakan test pack akurat karena urine pada saat bangun tidur akan lebih pekat. Sebab, selama tidur hormon hCG akan terus diproduksi sehingga kadarnya meningkat dan mengumpul di dalam urine. Oleh karena itu, tes kehamilan lebih mudah dilakukan karena kadar tingginya kadar hCG. Itulah mengapa banyak yang mengatakan bahwa pagi hari menjadi waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan dengan test pack akurat.

Namun, bukan berarti menggunakan test pack akurat pada waktu yang lain adalah kesalahan. Tes kehamilan tetap bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Bila kadar hCG yang ada di dalam urine Anda tinggi, maka hasil yang akan didapatkan pun akan sama, baik dilakukan pagi hari setelah bangun tidur maupun siang hari.

Justru yang harus Anda perhatikan adalah perhitungan dan waktu yang tepat untuk memastikan kadar hCG di dalam tubuh sudah cukup tinggi sebelum melakukan tes kehamilan dengan test pack akurat.

Test pack akan menunjukkan hasil yang akurat bila digunakan dua hari sebelum tanggal datang bulan tiba, tanggal ini bisa Anda hitung melalui siklus menstruasi yang teratur, yakni 28 hari. Bisa pula dengan menghitung 12 hari setelah Anda dan pasangan melakukan hubungan intim di masa subur. Sebab, tubuh membutuhkan waktu untuk meningkatkan kadar hCG selama 7 – 12 hari setelah sel telur dibuahi oleh sperma. 

Atau lebih mudahnya lagi, lakukan tes kehamilan dengan test pack ini saat dirasa sudah mengalami keterlambatan menstruasi. Kesensitifan test pack ini akan berbeda-beda di setiap merknya. 

Sebagai catatan yang harus Anda ketahui adalah, bahwa test pack akurat ini hanya memberikan hasil apakah Anda positif hamil atau tidak. Alat ini tidak menunjukkan apakah kehamilan tersebut sehat atau tidak. Test pack akurat hanya mendeteksi kadar hormon hCG yang ada di dalam tubuh, meskipun itu adalah kehamilan anggur, ataupun kehamilan ektopik. 

Kehamilan anggur adalah jenis kehamilan abnormal, sebab yang terbentuk bukanlah janin melainkan gelembung yang menyerupai buah anggur atau gelembung mola. Sedangkan kehamilan ektopik adalah kondisi di mana pembuahan sel telur terjadi di luar rahim. 

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pengecekan lebih lanjut oleh dokter bila telah dinyatakan positif oleh test pack akurat. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui apakah ada kelainan pada kehamilan, atau dapat mengontrol kehamilan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *