Kenali 7 Penyebab Kaki Bengkak

Penyebab kaki bengkak bisa beraneka macam. Salah satu kemungkinan kaki Anda bengkak adalah Anda terlalu banyak beraktivitas menggunakan kaki Anda, seperti berjalan ataupun berdiri terlalu lama.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa kaki bengkak mengisyaratkan perubahan atau penyakit tertentu dalam tubuh.

1. Insufisiensi Vena atau Venous Insufficiency

Katup pada pembuluh darah di kaki kita dapat menjaga darah agar tidak ditarik ke bawah akibat gaya gravitasi, kemudian berkumpul di pembuluh darah kaki. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia seseorang katup-katup tersebut dapat berfungsi kurang efisien dan menjadi salah satu penyebab kaki bengkak pada umumnya.

2. Trombosis Vena Dalam atau Deep-vein Thrombosis

Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya gumpalan darah pada pembuluh darah dalam kaki. Gumpalan darah ini dapat menghalangi darah kembali dari kaki ke jantung, kemudian menjadi penyebab kaki bengkak dan tungkai bengkak.

Kondisi ini memerlukan diagnosis lebih lanjut dari dokter dan sesegera mungkin diobati agar gumpalan darah tersebut tidak lepas, kemudian mengalir dalam darah ke paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan suatu kondisi berbahaya yang biasa disebut dengan emboli paru atau pulmonary embolism.

3. Phlebitis

Phlebitis merupakan radang pembuluh darah dan dapat menjadi salah satu penyebab kaki bengkak pada manusia.

Tromboflebitis dapat disebabkan oleh satu atau lebih gumpalan darah yang ada di pembuluh darah yang pada akhirnya menyebabkan peradangan. Peradangan pada vena yang menyakitkan ini juga membuat kaki terasa nyeri.

4. Gagal Jantung

Jantung yang gagal tidak dapat memompa sebaik dan seefektif yang seharusnya. Akibat dari kondisi gagal jantung adalah darah yang ada di pembuluh darah kaki yang seharusnya dapat dipompa kembali ke jantung justru menggenang di pembulur darah. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kaki bengkak.

5. Penyakit Hati atau Liver Disease

Beberapa penyakit pada hati diketahui dapat menyebabkan kadar protein dalam darah, biasa disebut albumin, menjadi rendah.

Albumin ini dibuat di hati dan apabila kadarnya rendah, maka cairan dalam darah dapat masuk ke jaringan. Kondisi tersebut dapat menimbulkan pembengkakan pada bagian tubuh, seperti di tangan, wajah, tungkai, dan kaki.

6. Cedera Kaki dan Pergelangan Kaki

Cedera pada kaki maupun pergelangan kaki dapat menjadi salah satu penyebab kaki bengkak. Contoh cedera yang paling umum adalah pergelangan kaki yang terkilir. Ketika salah langkah ataupun cedera ligament yang menahan pergelangan kaki tetap berada di tempatnya menjadi meregang di luar jangkauan normal.

Anda dapat beristirahat dan menghindari berjalan untuk sementara waktu ketika mengalami pembengkakan kaki akibat cedera kaki ataupun cedera pergelangan kaki.

Kompres kaki atau pergelangan kaki Anda menggunakan kompres es atau bungkus kaki atau pergelangan kaki dengan perban kompresi.

7. Infeksi

Salah satu penyebab kaki bengkak adalah adanya infeksi. Orang yang memiliki masalah saraf pada kaki memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena masalah infeksi kaki.

Jika seseorang menderita diabetes penting bagi orang tersebut untuk senantiasa memeriksa kaki setiap harinya untuk memastikan apakah asa luka atau lecet pada kaki. Apabila Anda merasakan kaki bengkak ataupun lecet yang tampaknya terinfeksi Anda dapat segera menghubungi dokter Anda dan melakukan konsultasi dengan dokter tersebut

.

Beberapa penyebab kaki bengkak tersebut perlu Anda waspadai sedari dini agar masalah kaki bengkak tidak berkembang dan dapat diatasi sejak awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *