Kenali Penyebab Gatal pada Penis

Pernahkah Anda merasakan gatal pada penis yang mengganggu? Selain tidak nyaman, rasanya tidak pantas juga jika Anda menggaruknya di tempat umum. 

Penyebab gatal pada penis sendiri berbeda-beda, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri seperti yang terjadi pada penyakit-penyakit menular seksual. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit atau penyebab umum lainnya.

Adapun penyebab dari gatal pada penis antara lain: 

Infeksi Jamur Candida 

Kemungkinan lain yang bisa jadi penyebab gatal pada penis yaitu infeksi jamur yang paling sering timbul pada kemaluan perempuan atau Kandidiasis. 

Kondisi disebabkan oleh infeksi jamur Candida sehingga menyebabkan gatal yang dirasakan di bawah kulit (pada pria yang belum disunat) atau di ujung penis. 

Anda mungkin akan mengalami gejala lainnya seperti ruam, kemerahan, timbul sensasi terbakar, dan keluarnya cairan yang tidak biasa di bawah kulup, disertai dengan rasa panas, kemerahan, dan keluarnya cairan putih kental di bawah kulit penis.

Lichen Nitidus

Rasa gatal pada penis mungkin diakibatkan oleh lichen planus. Kondisi ini berupa radang sel kulit yang bisa terjadi pada bagian kulit mana saja, termasuk penis. Salah satu gejala penyakit ini adalah munculnya benjolan-benjolan kecil berbentuk cincin berwarna ungu atau putih yang muncul di sekitar kepala penis.

Hal ini bisa menyebabkan penis gatal. Biasanya lichen nitidus juga bisa ditemukan di selaput lendir, kuku, rambut, dan kulit. Bukan hanya menyebabkan rasa gatal, tetapi juga menimbulkan rasa sakit, borok, mengubah warna, dan menyebabkan disfungsi seksual.

Balanitis

Gatal di penis juga bisa disebabkan oleh balanitis. Balanitis adalah kondisi ketika kepala penis (glans) mengalami peradangan.

Gangguan medis ini juga ditandai oleh sejumlah gejala lainnya seperti rasa nyeri, penis bengkak dan memerah, serta sakit saat buang air kecil.

Kutil Kelamin 

Timbulnya kutil bisa menyebabkan gatal pada penis. Kutil pada penis tampak seperti kembang kol yang warnanya sama dengan kulit. Penyebabnya adalah human papillomavirus (HPV). 

Kutil pada penis dapat menyebabkan rasa gatal, dan kadang bisa berdarah saat bersenggama.

Kudis 

Kudis adalah penyakit kulit menular yang diakibatkan oleh tungau yang sering menginfeksi daerah lipatan kulit yang lembap.

Tungau berjalan di bawah kulit, membuat terowongan-terowongan kecil. Hal inilah yang menyebabkan penis gatal, terutama di malam hari.

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak pada penis dapat disebabkan oleh alergi sabun mandi ataupun sabun cuci, bahan pakaian dalam, parfum, dan lain-lain. Dermatitis kontak adalah radang pada kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat yang menyebabkan iritasi. 

Selain gatal pada penis, kondisi ini juga ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit penis, pembengkakan, hingga sensasi terbakar.

Kondisi kulit seperti psoriasis, kudis, eksim, dan dermatitis kontak tidak hanya menyebabkan penis gatal, namun juga dapat memengaruhi area di sekitar kemaluan.

Alat Cukur Bekas

Sensasi gatal yang Anda rasakan tidak hanya terjadi di penis, namun area kemaluan lainnya seperti kulit sekitar rambut kemaluan. Mencukur bulu kemaluan pria dengan pisau cukur bekas dapat menyebabkan gatal karena pisau tersebut mungkin sudah terkontaminasi oleh kotoran maupun kuman.

Mencukur tanpa pelumas seperti busa cukur, atau mencukur area yang sama beberapa kali secara berurutan, juga dapat menimbulkan rasa gatal di area kemaluan.

Selain gatal, pada area kemaluan juga kemungkinan akan muncul ruam dan benjolan kecil. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti alat cukur Anda secara berkala.

Penyakit Menular Seksual 

Gatal pada penis menjadi salah satu gejala dari penyakit menular seksual (PMS). Penyakit menular seksual adalah gangguan medis yang terjadi ketika organ intim mengalami infeksi bakteri, jamur, maupun virus, sebagai akibat dari aktivitas seksual yang tidak sehat.

Penyakit menular seksual yang ditandai dengan gatal pada penis antara lain:

  • Herpes genital
  • Gonorea
  • Sifilis

Jika Anda mengalami penyakit in, biasanya akan disertai sejumlah gejala lainnya seperti penis nyeri, terluka, hingga mengeluarkan cairan tidak wajar. Segera periksakan diri Anda ke dokter apabila mengalami gejala-gejala yang mengarah pada PMS.

Bila menimbulkan suatu cairan yang lengket bisa saja sudah terjadi infeksi atau ada luka pada penis.  Untuk itu sebaiknya periksa langsung keluhan pada kelamin ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan sesuai penyebab yang membuat penis menjadi gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *