Ketahui Cara Membersihkan Kepiting dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Kepiting memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, banyak orang yang malas memasaknya karena memasaknya kepiting cukup sulit. Padahal, jika Anda mengetahui cara membersihkan kepiting yang benar, maka pengolahannya akan sangat mudah.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membersihkan kepiting, Anda juga perlu mengetahui manfaat kepiting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kepiting untuk Kesehatan

Kepiting merupakan salah satu makanan laut yang menjadi sumber protein dan asam lemak omega-3. Dalam 100 gram daging kepiting sudah mampu memenuhi 35-39% kebutuhan protein harian Anda. 

Manfaat daging kepiting lainnya untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  • Memperkuat tulang

Selain kalsium, fosfor juga merupakan mineral yang penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Dengan fosfor, Anda bisa mencegah penyakit tulang akibat penuaan seperti osteoporosis. Daging kepiting memiliki kandungan fosfor tersebut.

  • Kesehatan otak

Kepiting mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak omega-3, selenium, copper, dan vitamin V12 yang baik untuk perkembangan otak dan meningkatkan fungsi kognitif sistem saraf. Selain itu, dengan mengonsumsi daging kepiting juga dapat mengurangi risiko penebalan pembuluhan darah.

  • Sumber antioksidan

Daging kepiting memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan sistem kekebalan tubuh. Terdapat juga zat selenium dan riboflavin pada daging kepiting yang bisa mengoptimalkan fungsi sistem imun serta mencegah terjadinya penyakit kronis. 

  • Melancarkan sirkulasi darah

Terdapat mineral seperti copper pada daging kepiting yang mampu mengoptimalkan produksi sel darah merah. Dengan begitu, darah yang mengalir di dalam tubuh mampu membawa oksigen dalam jumlah yang cukup. Kemudian, zat ini juga bisa membantu penyerapan zat besi oleh sistem pencernaan.

  • Menurunkan berat badan

Kepiting merupakan makanan laut yang kaya protein dan lemak baik namun rendah kalori. Dengan kandungan protein dan lemak baik yang tinggi, Anda bisa merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan. Maka dari itu, mengonsumsi daging kepiting bisa membantu menjaga berat badan.

  • Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Kepiting memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan makanan laut lainnya. Protein bermanfaat dalam menghasilkan energi, memproduksi enzim dan hormon, hingga memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Cara Membersihkan Kepiting

Untuk memudahkan Anda mengolah daging kepiting, maka Anda harus membersihkannya dengan cara yang benar. Langkah-langkah membersihkan daging kepiting yang bisa Anda ikuti, adalah:

  1. Rebus sebelum dibersihkan

Jika Anda membeli kepiting yang masih hidup, rebuslah kepiting tersebut sebelum dibersihkan. Cukup rebus selama satu menit dan kemudian masukkan ke wadah berisi air es.

  1. Bersihkan bagian wajah

Setelah kepiting dingin, segera keluarkan dari rendaman air es dan keringkan dengan menggunakan lap bersih atau tisu. Kemudian gunakan gunting atau pisau untuk memotong bagian mulut, mata, serta pinggir cangkang yang bergerigi.

  1. Lepas cangkangnya

Untuk memisahkan daging kepiting dari cangkangnya, Anda bisa menarik cangkang dari arah belakang ke depan. Ketika sudah terbuka, Anda akan menemukan organ-organ kepiting. Namun, buang semua bagian tersebut karena tidak enak untuk dikonsumsi. Jika bingung membedakannya, Anda hanya perlu membersihkan semua bagian yang bukan warna putih.

  1. Bersihkan bagian perut

Untuk melihat bagian perut, balik kepiting dan bersihkan dengan air mengalir.

  1. Potong-potong

Setelah kepiting dicuci dengan bersih, Anda bisa memotongnya sesuai selera. Anda bisa memotongnya menjadi empat bagian. Selain itu, bagian capit juga mengandung banyak daging.

Setelah mengetahui cara membersihkan kepiting yang benar, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengolah daging kepiting. Meskipun daging kepiting memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *