Ketahui Prosedur Biopsi Hati Rumah Sakit di Medan

Biopsi hati adalah suatu prosedur medis yang melibatkan sejumlah kecil jaringan hati yang diangkat melalui pembedahan agar bisa dianalisis di laboratorium. Anda bisa melakukan prosedur biopsi hati jika memerlukan di rumah sakit di Medan seperti RSU Imelda Pekerja Indonesia.

Prosedur biopsi hati pada umumnya dilakukan untuk mengevaluasi penyakit yang terjadi seperti sirosis atau untuk mengetahui apakah terjadi infeksi, peradangan atau timbulnya sel kanker. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan prosedur biopsi hati saat tes darah atau pencitraan yang Anda miliki menunjukkan adanya masalah yang terjadi pada hati Anda.

Hati merupakan organ yang vital karena dapat melakukan banyak fungsi penting agar Anda bisa bertahan hidup, seperti:

  • Menghasilkan protein dan enzim yang berguna untuk proses metabolisme
  • Menghilangkan zat kontaminan dari darah
  • Membantu melawan infeksi
  • Menyimpan vitamin dan nutrisi yang penting

Kegunaan Prosedur Biopsi Hati

Dokter akan meminta melakukan prosedur biopsi hati agar memudahkan mereka untuk mengetahui jika ada suatu area yang terkena infeksi, mengalami peradangan, kanker, atau mendiagnosis tingkat kerusakan hati.

Gejala yang akan diperiksa oleh dokter meliputi:

  • masalah yang terjadi pada sistem pencernaan
  • sakit perut yang terjadi secara terus menerus
  • massa perut kuadran kanan atas
  • tes laboratorium menunjukkan hati sebagai area yang harus menjadi perhatian

Prosedur biopsi hati juga bisa dilakukan jika Anda memiliki hasil abnormal dari tes hati lainnya, terdapat tumor di hati, atau sempat mengalami demam yang konsisten dan tidak dapat dijelaskan.

Sedangkan tes pencitraan seperti CT scan dan sinar X memang dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian khusus, tetapi kedua tes tersebut tidak selalu dapat memberikan hasil diagnosis yang tepat atau dapat digunakan untuk menentukan pilihan pengobatan yang terbaik. Oleh karena itu, Anda memerlukan metode biopsi hati untuk mengetahui keadaan Anda yang sesungguhnya.

Prosedur biopsi seperti yang bisa didapatkan di beberapa rumah sakit di Medan ini bisa Anda pada umumnya sering dikaitkan untuk mengetahui adanya kanker di tubuh. Akan tetapi hal tersebut tidak berarti bahwa Anda terkena kanker saat dokter meminta Anda Melakukan tes ini. Dengan menggunakan metode biopsi, maka dokter dapat melihat apakah ada kondisi selain kanker yang menyebabkan perubahan kondisi kesehatan Anda.

Persiapan Prosedur Biopsi Hati

Biopsi hati sebetulnya tidak memerlukan banyak persiapan. Hal ini tergantung pada kondisi Anda. Kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan dan mempersiapkan beberapa hal seperti: 

  • melakukan beberapa tes fisik
  • menyiapkan riwayat medis secara lengkap 
  • menghentikan konsumsi obat apa pun yang dapat memengaruhi pendarahan, termasuk penghilang rasa sakit, antikoagulan, dan suplemen tertentu
  • mengambil darah untuk keperluan tes darah
  • tidak minum atau makan apapun hingga 8 jam sebelum prosedur
  • minta seseorang untuk bisa mengantar Anda pulang

Tepat sebelum prosedur biopsi hati dilakukan, maka Anda akan diminta untuk berganti pakaian rumah sakit. Dokter juga akan memberikan obat penenangan melalui jalur intravena agar Anda lebih rileks.

Setelah prosedur biopsi hati selesai dilakukan, maka sampel jaringan hati yang telah diambil akan segera dibawa ke laboratorium untuk diuji. Pemeriksaan ini bisa memakan waktu hingga beberapa minggu. Ketika hasilnya kembali, dokter Anda akan menelepon Anda atau meminta Anda untuk datang untuk janji tindak lanjut untuk membagikan hasilnya.

Untuk Anda yang diminta dokter untuk melakukan prosedur biopsi hati, maka Anda bisa melakukannya di rumah sakit di Medan seperti RSU Imelda Pekerja Indonesia. RSU Imelda Pekerja Indonesia yang merupakan salah satu rumah sakit di Medan ini berlokasi di Jalan Bilal No. 24, Pulo Brayan Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara, 20239, dan memiliki jam operasional mulai hari Senin hingga Minggu pukul 00.00 hingga 23:59.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *