Lakukan Ini Untuk Atasi Mual Saat Hamil

Mual saat hamil bisa jadi tanda penyakit berbahaya

Saat masa awal kehamilan, mual merupakan hal yang paling mungkin terjadi pada sebagian besar ibu hamil. Biasanya gejala mual ini terjadi di pagi hari sehingga sering disebut dengan morning sickness. Mual saat hamil sebenarnya tidak hanya terjadi di pagi hari saja tetapi juga bisa terjadi saat siang, malam atau bahkan seharian penuh.

Umumnya mual saat hamil atau morning sickness terjadi saat kehamilan memasuki usia 6 minggu dan berakhir saat usia 12 minggu. Meski begitu, ada saja ibu hamil yang mengalami mual hingga trimester ketiga. 

Walau kondisi mual saat hamil sangat wajar terjadi, tetapi hal ini pun bisa menganggu aktivitas sehari – hari Anda. Maka dari itu, Anda bisa melakukan hal berikut ini untuk mengatasi mual saat hamil.

  1. Minum wedang jahe

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Anda hanya perlu mengolahnya menjadi minuman hangat dengan tambahan gula merah atau aren agar lebih nikmat. Namun, konsultasikan ke dokter sebelum menjadikannya obat mual alami. Pasalnya, meski bahan alami, jahe bisa saja memiliki efek buruk pada sebagian ibu hamil.

  1. Menghirup aromaterapi

Aromaterapi menjadi salah satu cara untuk bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Anda bisa mencoba berbagai minyak esensial untuk membantu mengatasi mual saat hamil. Lemon, lavender, peppermint, spearmint, dan biji adas menjadi pilihan minyak yang bisa Anda jadikan aromaterapi. Anda bisa memasukkannya ke dalam diffuser agar bisa menghirup uapnya sebagai aromaterapi.

  1. Makan dalam porsi kecil tapi sering

Saat hamil tubuh butuh asupan makanan lebih dari biasanya. Pasalnya, nutrisi yang masuk ke tubuh terbagi dua, yaitu untuk Anda dan bayi yang ada dalam kandungan. Namun, bukan berarti dalam sekali makan Anda harus makan dalam porsi besar. Cara ini justru keliru karena makan berlebihan dalam satu waktu sehingga terlalu kenyang justru menjadi penyebab mual saat hamil. Cara yang benar, yaitu makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Dengan begitu, perut akan terus terisi dengan makanan tanpa terlalu kenyang hingga memicu mual.

  1. Menghindari pemicu mual

Sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu penyebab rasa mual saat hamil yaitu sensitivitas tubuh yang lebih dari biasanya. Indra penciuman dan sistem pencernaanlah yang biasanya menjadi jauh lebih sensitif. Untuk itu, solusi yang bisa Anda lakukan yaitu menghindari berbagai pemicu mual misalnya aroma atau makanan tertentu. Jangan makan makanan pedas jika setelahnya Anda selalu merasa mual atau ganti pewangi mobil Anda dengan yang tidak membuat enek.

  1. Sering makan camilan

Sering makan camilan saat hamil membantu menghindari perut yang terlalu kenyang atau terlalu kosong. Pasalnya keduanya biasanya kerap menjadi penyebab munculnya perasaan mual saat hamil. Oleh karena itu, makan camilan menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil yang patut dicoba. Saat bangun tidur, coba makan beberapa potong biskuit atau roti untuk menggganjal perut sebelum makan besar.

  1. Memakai pakaian yang longgar

Saat hamil, penting untuk memakai pakaian yang longgar. Pakaian yang terlalu ketat membuat tekanan berlebih pada perut Anda yang bisa memicu rasa mual. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan terusan longgar dan menghindari celana jeans yang ketat.

  1. Minum banyak air

Minum banyak air menjadi salah satu hal yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, mual dan muntah saat hamil menghilangkan banyak cairan tubuh. Oleh karena itu, cairan yang hilang ini perlu digantikan. Tak hanya air putih, Anda bisa mengonsumsi jus buah, air kelapa, teh, atau sup. Air lemon juga bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil. Selain menggantikan cairan yang hilang, aroma dan rasanya yang segar bisa membantu menghilangkan mual.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mual saat hamil. Namun jika dirasa sudah dalam kondisi yang cukup mengkhawatirkan, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *