Puzzle, Mainan Edukasi Anak yang Memiliki Banyak Manfaat

Puzzle, Mainan Edukasi Anak yang Memiliki Banyak Manfaat

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mainan edukasi anak seperti puzzle sangat bagus untuk perkembangan pikiran dan kognitif anak. Mainan puzzle sudah bisa Anda berikan pada anak usia prasekolah, karena mereka sudah mengerti bagaimana cara berpikir logis dan memecahkan sebuah masalah, meski hanya melalui mainan. Mainan edukasi anak seperti puzzle juga menyimpan banyak manfaat lainnya yang perlu Anda tahu, seperti berikut.

Manfaat mainan edukasi anak dan balita

1. Mengasah kemampuan kognitif 

Para psikolog telah menentukan bahwa perkembangan otak anak dipengaruhi secara signifikan ketika mereka bertindak atau memanipulasi dunia di sekitarnya. Mainan puzzle akan memberikan waktu untuk si kecil berpikir dan fokus untuk memecahkan teka-teki yang ada di dalam gambar tersebut, hingga tidak mudah terganggu dengan kondisi di lingkungannya. Puzzle dapat melatih anak untuk berkonsentrasi dan berpikir kritis, untuk menemukan bentuk, ukuran dan gambar yang pas dalam rangkaian yang tengah ia kerjakan tersebut. 

2. Melatih koordinasi tangan dan mata

Ketika anak-anak membalik, memutar, mengeluarkan potongan puzzle, mereka sebenarnya sedang mempelajari hubungan antara tangan dan mata. Mata bertugas untuk melihat teka-teki, dan otak kemudian membayangkan bagaimana teka-teki tersebut perlu dilihat atau bagian apa yang perlu ditemukan dan ditempatkan. Kemudian otak, mata, dan tangan bekerja sama untuk menemukan potongan tersebut, memanipulasinya dengan tepat, dan memasukkannya ke dalam teka-teki puzzle secara akurat.

3. Mengasah keterampilan motorik halus

Mirip dengan cara koordinasi tangan-mata, mainan edukasi anak seperti puzzle memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Selain mengasah keterampilan motorik kasar seperti berjalan, keterampilan motorik halus juga perlu diasah. Kemampuan ini membutuhkan gerakan kecil dan khusus yang disediakan oleh puzzle. Keterampilan motorik halus diperlukan untuk melatihnya menulis menggunakan tangan, menggenggam dan pencapaian penting lainnya.

4. Mengasah keterampilan motorik kasar

Untuk bayi dan anak kecil, melatih keterampilan motorik kasar sangatlah penting. Anda dapat memberikan mainan edukasi anak untuk melatih keterampilan motorik kasarnya, seperti permainan menyusun balok, kartu, puzzle dan mainan besar lainnya yang mudah dimanipulasi.

5. Penyelesaian masalah

Permainan yang  melatih  keterampilan pemecahan masalah sangat efektif dan berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Ketika seorang anak melihat berbagai potongan puzzle dan mencari tahu di mana gambar tersebut cocok atau tidak, artinya mereka sedang mengembangkan keterampilan penting ini. Mereka harus berusaha memecahkan sebuah teka-teki dan tidak dapat boleh bermain dengan curang! Peraturan ini sangat penting untuk mereka pahami dalam setiap pengambilan keputusan. Permainan edukasi anak seperti puzzle, akan mengajarkan anak-anak untuk menggunakan pikiran mereka sendiri untuk mencari cara memecahkan masalah dan berpikir dengan cara yang logis.

6. Pengenalan bentuk

Untuk anak kecil, bahkan bayi, belajar mengenali dan mengurutkan bentuk adalah bagian penting dari perkembangan mereka. Puzzle dapat membantu anak dalam hal ini, karena potongan-potongannya perlu dikenali dan disortir sebelum dapat dirakit.

7. Mengasah memori atau ingatan 

Mainan edukasi anak seperti puzzle dapat membantu meningkatkan daya ingat anak. Misalnya, seorang anak perlu mengingat ukuran, warna, dan bentuk berbagai potongan saat dia mengerjakan teka-teki puzzle. Jika ada bagian yang tidak pas, anak akan menyisihkannya; tetapi dia perlu mengingat bagian itu saat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *