Manfaat Masker Wortel Bagi Kesehatan Kulit

Siapa tak kenal wortel. Sayur berwarna jingga ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan. Sayur ini juga sangat “versatile”, dapat dimakan langsung, dijadikan bahan masakan seperti salad, sup, atau smoothies, dan bahkan kulit bisa mendapatkan manfaat masker wortel. Wortel kaya kandungan vitamin, mineral, dan serat. Wortel juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan merupakan nutrisi yang tersedia dari tumbuhan. Zat ini membantu tubuh membersihkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel apabila dibiarkan terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh.

Wortel rendah kalori dan karbohidrat. Manfaat masker wortel dan produk olahan wortel lain ada akibat berbagai nutrisi yang menyehatkan di dalamnya. Misalnya, dalam 240 ml jus wortel mengandung kalori sebanyak 96, 2 gram protein, kurang dari 1 gram lemak, 22 gram karbohidrat, 9 gram gula, 2 gram serat, vitamin A sebesar 255% dari nilai harian, 23% nilai harian vitamin C, 31% nilai harian vitamin K, dan 15% nilai harian potassium. Jus wortel juga mengandung carotenoid pigmen lutein dan zeaxanthin, yang mana bertindak sebagai antioksidan utama di tubuh. Carotenoid utama di jus wortel adalah beta carotene, yang bertanggung jawab atas warna jingga wortel. Tubuh mengubahnya menjadi antioksidan vitamin A. Dengan berbagai nutrisi tersebut, bukan menjadi hal yang mengherankan apabila manfaat masker wortel bagi kulit sangat melimpah. Adapun beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

  • Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari

Bagi Anda yang gemar berjemur di bawah sinar matahari atau melakukan aktivitas di luar ruangan, masker wortel dapat mengatasi luka terbakar akibat paparan sinar matahari berbahaya. Wortel mengandung beta carotene, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bahan alami dalam membuat vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan untuk kembali meremajakan dan menangkan kulit.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Wortel mengandung sifat anti-peradangan dan vitamin E yang dapat mempercepat penyembuhan luka pada wajah, baik diakibatkan karena jerawat ataupun bekas luka.

  • Menutup noda hitam

Tak perlu lagi memakai makeup mahal apabila Anda hendak menutupi noda hitam di wajah. Cukup dapat manfaat masker wortel ataupun mengonsumsinya dengan teratur. Anda bisa mengurangi noda hitam membandel serta meratakan warna kulit.

  • Membuat kulit menjadi lebih “glowing”

Wortel mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membuat kulit tampak bersinar dan “glowing”. Selain menggunakan masker wortel, Anda disarankan untuk mengonsumsi wortel dengan teratur untuk mendapatkan hasil kulit yang lembut dan sehat.

  • Menstimulasi produksi kolagen

Saat seseorang bertambah usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan menurun. Kolagen merupakan zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Wortel merupakan salah satu sayuran yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C yang tinggi di dalam wortel akan bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen di kulit dan menjaga elastisitas kulit.

  • Mencegah jerawat

Wortel mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Wortel dapat mengatur produksi minyak berlebih di wajah, di saat yang bersamaan mencegah tumbuhnya jerawat. 

Manfaat masker wortel di atas ada berkat kandungan nutrisi di dalam wortel yang beragam. Potassium, carotenoid, vitamin A, C, dan K berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kelembutan kulit. Selain menggunakan wortel untuk dijadikan masker wajah, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi sayur ini dengan teratur, agar mendapatkan manfaat kesehatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *