Ketahui Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Kedelai adalah salah satu bahan makanan yang kerap ditemukan dalam berbagai makanan atau masakan. Anda mungkin juga akan melihat kedelai dalam makanan berlabel vegetarian seperti burger vegetarian, tahu, atau susu kedelai. Kedelai berasal dari tanaman kedelai, yang merupakan sumber protein nabati padat dengan lemak jenuh yang rendah serta memiliki serat makanan yang tinggi. Tidak hanya itu, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga sangat banyak, salah satunya yaitu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Untuk mendapatkan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil secara optimal, maka susu kedelai sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Hal ini karena saat susu kedelai dikonsumsi secara berlebihan, justru akan menimbulkan dampak pada pertumbuhan janin. Susu kedelai untuk ibu hamil aman dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama agar perekat janin semakin kuat. Tidak hanya itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi susu kedelai saat usia kandungan sudah menginjak trimester kedua.

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Ada beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, oleh karena itu Anda bisa mencobanya untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

1. Mendukung Kecerdasan Bayi

Susu kedelai memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang otak bayi, yaitu asam folat. Tak hanya itu saja, kandungan asam folat dalam susu kedelai juga berperan penting saat trimester pertama karena membantu pertumbuhan sel saraf pada janin. Jika kebutuhan asam folat terpenuhi, maka janin Anda akan terhindar dari gangguan di selubung penutup saraf otak.

2. Membuat Tidak Mudah Lelah

Saat hamil, tubuh Anda pasti sering terasa lelah daripada sebelum hamil. Hal ini bisa terjadi karena beban tubuh yang semakin bertambah dan adanya fluktuasi hormon sehingga membuat Anda cepat lelah. Oleh karena itu, Anda memerlukan nutrisi penting yang dapat menambah energi Anda, agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Susu kedelai dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang dipercaya mampu memberikan asupan nutrisi bagi ibu hamil. Selain itu, saat perut Anda semakin membesar, mengonsumsi susu kedelai juga akan membuat tubuh Anda tidak mudah lelah saat aktif melakukan berbagai kegiatan.

3.  Menjaga Kesehatan Tubuh

Susu kedelai memiliki banyak kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil. Selain itu, vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu kedelai juga membantu untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil agar ibu dan janin tetap sehat.

4. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Susu kedelai memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk kondisi kesehatan janin Anda. Bahkan, susu kedelai memiliki nutrisi yang berkhasiat untuk menjaga fungsi mata, mendukung pertumbuhan tulang janin, sekaligus mencegah keguguran. Tidak hanya itu, susu kedelai tersusun atas bahan-bahan seperti lisin, lesitin, niacin, fenilalanin yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin.

5. Mengatasi Kolesterol Jahat

Gangguan kesehatan akibat kolesterol jahat yang menumpuk juga bisa terjadi saat Anda sedang hamil. Padahal, sebaiknya ibu hamil tidak memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena bisa berdampak pada kesehatan tubuh ibu dan janin.

Tidak seperti susu sapi, susu kedelai justru bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat membantu melawan kolesterol jahat. Hal ini karena susu kedelai memiliki kandungan lemak nabati yang dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu, konsumsi susu kedelai saat Anda sedang hamil juga dapat membantu menjaga keseimbangan berat badan Anda dan susu kedelai dapat digunakan sebagai cadangan lemak baik bagi Anda dan janin.

Itu tadi beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Untuk mengonsumsinya sebaiknya Anda tetap minum dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan agar tidak timbul efek samping yang merugikan tubuh dan janin Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *