Memahami Teknik Dasar dan 13 Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat

Memahami Teknik Dasar dan 13 Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat

Pada dasarnya, pencak silat memiliki filosofi dalam setiap gerakan untuk mempertahankan diri dari bahaya yang mengintai dan mungkin mengancam keselamatan seseorang. Teknik dasar pencak silat telah dilakukan oleh leluhur bangsa Indonesia dan bahkan sudah banyak dipelajari oleh berbagai negara di dunia.

Salah satu teknik dasar bagi seseorang yang ingin berlatih pencak silat adalah perlengkapan yang wajib dimiliki atau setidaknya diketahui. Digunakan untuk menunjang proses berlangsungnya pertandingan, persiapan secara matang harus benar-benar dilakukan. Pencak silat bukan sembarang olahraga bela diri, 14 medali emas Asian Games 2018 diperoleh dari cabang olahraga ini.

Teknik Dasar Pencak Silat Bagian Perlengkapan

  1. Gelanggang

Merupakan lapangan atau area tempat pertandingan silat berlangsung, ukuran gelanggan dalam pencak silat menurut standarnya seluas 10 meter persegi, masing-masing panjang dan lebarnya 10 cm dengan lingkaran tengah berdiameter 8 meter.

  1. Formulir Pertandingan dan Alat Tulis

Setiap atlet yang akan bertanding harus mengisi formulir pendaftaran pertandingan, ini diperlukan para juri dalam mengetahui identitas peserta atau atlet yang ikut pertandingan. Sementara alat tulis dipakai untuk melakukan coretan yang diperlukan untuk menilai peserta.

  1. Gong, Pluit dan Bel

Ketiga perlengkapan ini nantinya akan digunakan oleh wasit, juri tanding dan juri selama pertandingan berlangsung. Fungsinya adalah sebagai petanda tertentu ketika pertandingan berlangsung.

  1. Meja Kursi Juri

Meja dan kursi untuk juri, meja yang digunakan biasanya meja kecil yang disusun menjadi satu, dipakai sebagai tempat para uri memberi nilai selama pertandingan berlangsung.

  1. Bendera

Beberapa warna bendera perlu dipersiapkan, antara lain bendera kecil warna merah, biru dan kuning dengan tangkai. Masing-masing memiliki ukuran 30cm x 30cm, bendera kuning digunakan wasit sementara biru dan merah untuk juru tanding.

  1. Lampu Babak

Lampu ini berwarna merah,biru dan kuning, nantinya dinyalakan sesuai dengan berlangsungnya proses pertandingan pencak silat. Lampu ini berfungsi untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang.

  1. Papan Informasi

Fungsinya sesuai dengan nama perlengkapan ini, masing-masing papan informasi dan papan nilai digunakan sebagai tempat yang berisi informasi mengenai pertandingan dan juga nilai yang diraih atlet yang bertanding.

  1. Timbangan

Digunakan untuk menimbang ukuran berat badan peserta pertandingan, tujuannya agar berat atlet diketahui secara pasti dan sudah sesuai dengan berat kelas yang diikutinya. Penimbangan berat badan dilakukan di awal ketika atlet memberikan formulir pendaftaran.

  1. Kain Lap dan Ember

Fungsi dari kedua benda ini adalah sebagai tempat dan alat untuk mengeringkan arena tempat berlangsungnya pertandingan. Bisa saja area menjadi licin sewaktu-waktu, maka bisa dilap dengan lap yang telah disediakan sebelumnya oleh penyelenggara.

  1. Seragam Pencak Silat

Setiap atlet wajib memiliki seragam pencak silat dilengkapi dengan sabuk yang sesuai dengan tingkatan mereka. Seragam ini terdiri dari baju dan celana silat warna hitam dengan badge IPSI pada bagian dada sebelah kiri.

  1. Pelindung Tubuh

Perlengkapan yang merupakan teknik dasar pencak silat selanjutnya yang harus waiib dimiliki selanjutnya adalah pelindung tubuh. Sesuai dengan namanya yakni untuk melindungi bagian tubuh dari cedera akibat serangan, antara lain seperti pelindung tulang kering kaki, kemaluan dan pelindung bagian depan tubuh yang berbentuk seperti rompi.

  1. Stopwatch

Merupakan kelengkapan yang digunakan ketika melakoni sesi latihan dan turnamen sebagai penghitung waktu. Stopwatch ketika latihan dipakai untuk menghitung jumlah tendangan dan pukulan dalam waktu tertentu, sementara dalam turnamen digunakan untuk masing-masing laga.

  1. Matras

Matras merupakan sejenis kasur busa yang digunakan sebagai alas, fungsinya untuk menghindari benturan langsung antara tubuh dan lantai ketika latihan berlangsung. Matras ini juga berfungsi untuk menghindari cedera fisik yang bisa saja terjadi saat latihan dan pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *