Pasang Implan Gigi di Dokter Gigi Bekasi

Gigi ompong bisa membuat beberapa orang kehilangan rasa percaya diri. Untungnya, saat ini sudah ada implan gigi yang dapat mengembalikan senyum indah Anda. Salah satu dokter gigi Bekasi yang memiliki prosedur implan gigi adalah Quality Dental Care Jatibening.

Implan gigi adalah jenis gigi palsu permanen yang dilakukan dengan tanam gigi tiruan. Setelah dipasang, implan gigi tidak dapat dilepas kembali, kecuali dengan tindakan khusus yang dilakukan dokter gigi.

Mengenal implan gigi

Implan gigi terbuat dari besi metal yang ditanamkan melalui prosedur operasi kecil. Setelah beberapa lama, akan tumbuh jaringan dan tulang baru yang tumbuh mengelilingi implan gigi yang telah ditanam.

Di atas implan, dokter akan memasang gigi palsu yang telah dibuat dengan menyesuaikan ukuran, bentuk, dan warna, dengan gigi lainnya yang ada di mulut pasien. 

Implan gigi memiliki beberapa kelebihan seperti dapat melebur ke struktur tulang sehingga gigi palsu lebih stabil dan tampilannya seperti gigi asli.

Persiapan pemasangan implan gigi

Pemasangan implan gigi harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis. Hal ini karena prosedur implan gigi bisa dikatakan cukup rumit. Persiapan sebelum pemasangan implan gigi, diantaranya adalah:

Pemeriksaan rongga mulut

Langkah pertama yang dilakukan dokter dalam pemasangan implan gigi adalah pemeriksaan langsung, rontgen gigi, dan pencetakan struktur gigi dan rahang.

  1. Pemeriksaan riwayat kesehatan

Jika Anda mengidap penyakit kronis seperti jantung atau diabetes, pastikan Anda telah menginformasikannya ke dokter. Sampaikan juga obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.

  1. Rencana perawatan

Tiap orang bisa memiliki rencana perawatan yang berbeda untuk pemasangan implan gigi. Ini tergantung dari kondisi rongga mulut dan kesehatan pasien secara keseluruhan. Dokter juga bisa melakukan modifikasi untuk penyesuaiannya.

Tahapan implan gigi

Proses implan gigi bisa memakan waktu berbulan-bulan karena harus menunggu tumbuhnya tulang dan jaringan di sekitar implan yang dipasang. Prosedur pemasangan implan gigi, diantaranya adalah:

  1. Pasang implan gigi

Prosedur awal yang dilakukan dokter adalah membuat bukaan di gusi pada area yang ompong. Tulang rahang yang dijadikan tempat pemasangan implan akan dibur.

Dokter akan memberikan obat pereda nyeri jika Anda masih merasakan rasa sakit setelah efek obat bius hilang. Pada beberapa kondisi, dokter akan memberikan gigi tiruan sementara yang bisa Anda lepas dan pasang sendiri.

  1. Menunggu pertumbuhan tulang

Setelah implan tertanam dengan baik, selanjutnya adalah proses penyatuan implan dan jaringan disekitarnya. Permukaan implan gigi akan menyatu dengan tulang rahang. Proses ini bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan karena implan akan menjadi dasar yang benar-benar kokoh.

  1. Pemasangan basis gigi palsu

Proses selanjutnya adalah pemasangan basis gigi palsu yang dilakukan dengan operasi kecil. Dokter akan membuat sedikit sayatan pada gusi sehingga basis tersebut bisa menempel di atas implan gigi. Setelah basis gigi palsu terpasang, gusi akan dijahit kembali agar bisa menutup dengan baik.

  1. Pemasangan gigi palsu

Rangkaian terakhir dari proses ini adalah pemasangan gigi palsu. Dokter akan melakukan cetak gigi dan membuat gigi palsu yang akan dipasang. Bentuk gigi palsu dibuat dengan menyesuaikan ukuran, bentuk, dan warna dengan gigi-gigi lainnya.

Proses pemasangan gigi palsu ini membutuhkan waktu dua minggu setelah pemasangan basisnya. Namun, jika rahang terasa belum pulih, pemasangan gigi palsu akan ditunda hingga tulang rahang benar-benar kuat menopang gigi.

Memilih tempat implan gigi

Jika Anda berencana memasang implan gigi dan berdomisili di Bekasi, Anda bisa mengunjungi Quality Dental Care Jatibening. Implan gigi merupakan salah satu prosedur unggulan dokter gigi Bekasi ini.

Selain itu, prosedur unggulan lainnya dari Quality Dental Care Jatibening adalah seperti perawatan estetik, behel gigi, bedah mulut, penambalan gigi, perawatan saluran akar, perawatan gigi anak, dan perawatan gigi tiruan.

Dokter gigi Bekasi ini terletak di Jalan Caman Rasay No.84 Jatibening, Pondok Gede, Bekasi, dan beroperasi tiap Senin-Jumat pukul 10:00-09:00 dan Sabtu pukul 09:00-12:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *