Penyebab Umum Rasa Gatal Di Paha

Anda mungkin pernah mengalami kulit gatal. Kulit gatal dapat terjadi di seluruh tubuh atau hanya di area tertentu, seperti lengan atau di paha.

gatal di paha

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa yang menyebabkan Anda merasakan gatal di paha. Sebenarnya terdapat berbagai macam kondisi yang bisa menyebabkan paha gatal. Oleh karena itu, pelajari dahulu penyebab gatal tersebut. 

Berikut beberapa penyebab paling umum dan perawatan yang dapat membantu rasa gatal di paha:

  • Kulit kering

Alasan sederhana untuk kulit gatal adalah kulit yang terlalu kering. Kulit kering dapat terjadi di mana saja, bahkan di bagian paha.  Selain sangat gatal, Anda mungkin memperhatikan bahwa kulit Anda terasa kasar atau bersisik saat disentuh. Untuk menenangkan kulit kering, oleskan krim atau salep pelembab ke area paha, dan hindari air panas.

  • Lecet

Gesekan terjadi saat kulit Anda terluka akibat gesekan, seperti gesekan pada pakaian atau bagian tubuh lain. Dan hal ini sangat umum terjadi di bagian paha. Gunakan salep petroleum jelly dapat membantu meredakan rasa gatal dan mencegah gesekan lebih lanjut di paha Anda.

  • Ruam panas

Ruam panas terjadi ketika saluran keringat Anda tersumbat. Hal ini menyebabkan keringat terperangkap di bawah kulit Anda. Kondisi ini biasa terjadi di bagian paha, ketiak, leher dan dada sehingga menyebabkan rasa gatal. Namun ruam biasanya akan hilang saat Anda mendingin.

Perawatan untuk gatal di paha akan tergantung pada penyebabnya. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin dapat merawat kondisi Anda secara efektif di rumah. Tetapi jika rasa gatal di paha tidak kunjung hilang atau memburuk, segere konsultasi ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *