Pilihan Obat Batuk Berdahak Anak dari Bahan Alami

Batuk berdahak pada anak seringkali membuat anak jadi rewel, bahkan waktu tidurnya pun terganggu karena lendir yang ada di dalam tenggorokan sulit dikeluarkan. Untuk mengatasinya, kita bisa memberikan obat batuk berdahak anak dari bahan-bahan alami yang ada di rumah. 

Batuk berdahak pada anak biasanya disebabkan karena infeksi bakteri atau virus yang menyerang saluran pernapasan, sehingga muncul lendir atau dahak sebagai respon tubuh untuk melawan infeksi tersebut. 

Obat dari bahan alami ini bisa solusi saat anak rewel di malam hari dan sudah tidak ada apotek atau toko kesehatan yang buka. 

Beberapa bahan alami seperti madu, jahe, lemon, hingga air garam dipercaya bisa meredakan batuk berdahak pada anak. Berikut ini pilihan obat batuk berdahak anak yang bisa dibuat dari bahan-bahan alami di rumah. 

Air putih

Mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membantu memulihkan batuk berdahak pada anak lebih cepat yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. 

Sebaiknya, berikan juga segelas air hangat pada si Kecil karena bisa membantu melegakan serta menghangatkan tenggorokan. 

Madu

Madu memiliki sifat anti radang yang bisa meredakan batuk berdahak dan juga pilek. Madu juga bersifat anti bakteri sehingga bisa mencegah bakteri yang menyebabkan batuk berdahak pada si Kecil.

Selain itu, madu juga dipercaya bisa membantu si Kecil tidur lebih nyenyak karena bisa meredakan batuk berdahak dengan baik. 

Untuk hasil maksimal, kamu bisa memberikan setengah sendok madu pada si Kecil sebelum tidur. Hal ini cukup efektif meredakan batuk berdahaknya.

Hindari memberikan madu pada anak-anak dengan usia di bawah satu tahun, ya. Hal ini bisa menyebabkan botulisme atau keracunan. 

Jahe

Jahe bisa memberikan efek menghangatkan pada tenggorokan. Hal ini pun dipercaya bisa meredakan batuk berdahak pada si kecil.

Berdasarkan riset, jahe juga bisa membuat otot polos pada saluran pernapasan lebih tenang, sehingga jalan napas jadi terbuka dan batuk berdahak bisa berkurang.

Buat minuman jahe dengan merebus 2 potong jahe ke dalam 4 gelas air selama 15 menit. Bagi air rebusan ini menjadi 3 dan berikan pada anak setiap 8 jam sekali, ya. 

Air garam

Air garam dipercaya bisa mengencerkan lendir pada hidung. Hal ini akan membuat pernapasan si Kecil jadi lebih lega.

Caranya, campurkan ½ sendok teh garam dengan air hangat. Aduk hingga keduanya larut dengan baik. Lalu, teteskan sebanyak 2-3 tetes air garam ke lubang hidung si Kecil. Pastikan kamu melakukannya secara hati-hati, ya. 

Jus lemon

Jus lemon merupakan salah satu obat batuk berdahak anak yang cukup efektif. Diketahui jika lemon memiliki kandungan yang bisa meredakan batuk berdahak. 

Untuk hasil yang maksimal, berikan satu sendok teh jus lemon pada anak setiap 3 jam sekali, ya. Mengingat jus lemon bisa membuat tenggorokan sakit dan menimbulkan dehidrasi, sebaiknya pemberian jus lemon disertai dengan air hangat yang cukup. 

Minyak kayu putih untuk menghangatkan tenggorokan

Agar tenggorokan si Kecil jadi lebih hangat, sebaiknya oleskan minyak kayu putih di area tenggorokan. 

Minyak kayu putih dikenal dengan kandungan cineole yang bisa berfungsi sebagai ekspektoran, sehingga dahak bisa dikeluarkan lebih mudah. 

Minyak kayu putih juga dipercaya memiliki khasiat melebarkan pembuluh darah, sehingga oksigen bisa lebih banyak masuk ke dalam paru-paru. 

Selalu oleskan minyak kayu putih di bagian leher dan dada sebelum tidur agar si Kecil bisa tidur lebih nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *