Pinggiran Lidah Bergelombang: Apa Penyebabnya?

Pinggiran lidah bergelombang, atau istilah medisnya disebut sebagai scalloped tongue, crenated tongue, atau lingua indentata, merupakan kondisi yang menimbulkan lekukan dan beriak pada lidah.

image Pinggiran Lidah Bergelombang

Anatomi mulut setiap orang bisa berbeda karena dipengaruhi oleh faktor genetik, kondisi kesehatan, dan gaya hidup yang diterapkan, namun setiap orang memiliki tepian lidah yang halus.

Pinggiran lidah bergelombang dipengaruhi oleh tekanan yang dihasilkan gigi yang jaraknya berdekatan. Pinggiran lidah bergelombang juga dipengaruhi oleh pembengkakan pada lidah.

Gejala

Pinggiran lidah bergelombang merupakan kondisi yang tidak membahayakan tubuh. Meskipun demikian, pinggiran lidah bergelombang juga dapat menimbulkan gejala lain berupa kemerahan, sakit tenggorokan, lidah menjadi sensitif, dan kesulitan untuk menelan.

Pada sebagian kasus, pinggiran lidah bergelombang juga bisa menunjukkan kondisi yang lebih serius sehingga perlu segera ditangani oleh tim medis.

Penyebab

Selain tekanan pada gigi dan pembengkakan pada lidah, lidah bergelombang juga terjadi karena faktor berikut:

  • Masalah fisik

Sindrom Down, sindrom Apert, dan hipotiroid kongenital adalah beberapa contoh kondisi atau masalah fisik yang bisa menimbulkan gejala berupa lidah bergelombang.

  • Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang melibatkan bagian-bagian di mulut seperti menggertakan gigi bisa memicu tekanan pada lidah. Tekanan yang terjadi pada lidah bisa membuat bagian tersebut bergelombang. Selain itu, stres juga bisa memicu kondisi yang sama pada lidah.

  • Dehidrasi

Dehidrasi tidak hanya mengganggu konsentrasi manusia, namun juga bisa memicu tekanan pada lidah.

  • Kekurangan vitamin dan mineral

Kekurangan vitamin dan mineral merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan lidah membesar atau bergelombang. Vitamin B12, riboflavin, niacin, dan zat besi merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia.

  • Infeksi, reaksi alergi, dan cedera

Ketika manusia mengalami kondisi seperti ini, sistem kekebalan akan merespon hal tersebut. Kondisi tersebut bisa memicu peradangan. Jika manusia mengalami peradangan pada lidah, lidah mereka bisa membengkak.

  • Merokok

Merokok bisa menimbulkan berbagai kondisi pada tubuh, salah satunya termasuk lidah bergelombang.

  • Amiloidosis

Amiloidosis terjadi karena penumpukan amiloid (protein abnormal) di jaringan organ tubuh, termasuk lidah. Penumpukan tersebut bisa menimbulkan berbagai efek pada tubuh seperti lidah yang tampak bergelombang.

  • Hipotiroidisme

Hipotiroidisme dipengaruhi oleh rendahnya kadar hormon tiroid. Masalah tersebut bisa memicu berbagai gejala, di antaranya adalah pembengkakan pada lidah dan lidah bergelombang.

  • Sendi rahang

Sendi rahang yang tidak sejajar membuat lidah bekerja keras untuk menahan rahang bagian bawah, untuk memastikan posisinya tetap berada di tempat semula. Hal tersebut membuat penderita menelan lidah ke gigi dan mulut bagian bawah supaya dapat memberikan tekanan sesuai kebutuhan. Hal tersebut bisa menimbulkan lekukan pada lidah.

  • Sleep apnea

Penyebab lain lidah bergelombang adalah sleep apnea. Sleep apnea terjadi karena dinding tenggorokan mengendur dan menyempit sehingga bisa menghambat pernafasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, lidah perlu digerak sehingga lidah tampak bergelombang.

Jika Lidah Anda Bermasalah

Jika Anda mengalami masalah pada lidah, Anda bisa bertemu dengan dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
  • Daftar gejala yang timbul.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:

  • Kapan gejala yang Anda alami terjadi?
  • Berapa lama kondisi tersebut terjadi?
  • Apakah Anda memiliki kebiasaan tertentu?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan melakukan diagnosis seperti tes darah. Setelah melakukan diagnosis, pasien akan diberikan pengobatan berdasarkan penyebab dan seberapa parah gejala yang mereka alami. Contoh pengobatan yang bisa diberikan kepada pasien adalah kemoterapi.

Kesimpulan

Walaupun pinggiran lidah bergelombang tidak memicu kondisi yang berbahaya bagi tubuh, ada berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko tersebut. Jika Anda mengalami masalah pada lidah, atau ingin tahu lebih lanjut tentang bagian tersebut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *