Prosedur PCR Swab Test dan Ragam Durasi Hasilnya

Pemeriksaan infeksi virus corona menjadi hal yang sudah wajib dilakukan bila Anda merasakan gejala-gejala COVID-19. Ini untuk meneguhkan diagnosis dan mencegah bahaya penularan, dan yang terpenting untuk mengetahui perawatan dan pengobatan yang harus segara dilakukan.

Pemeriksaan atau tes Covid juga diperlukan untuk keperluan perjalanan, bahkan sebagai lampiran kepada perusahaan tempat Anda bekerja. Pemeriksaan tes Covid juga amat direkomendasikan atau dilakukan pada Orang dalam pemantauan (ODP), Pasien dalam pengawasan (PDP), orang dengan hasil rapid test positif, orang yang mengalami gejala COVID-19, serta orang yang berkontak erat dengan pasien COVID-19, seperti tenaga medis.

Pemeriksaan tes Covid memiliki banyak jenis, namun yang paling akurat dan disarankan adalah PCR Swab Test. Apa itu PCR Swab Test? Bagaimana prosedurnya dan berapa lama hasilnya keluar? Berikut serba-serbi mengenai PCR Swab Test.

Apa itu PCR Swab Test?

PCR Swab Test merupakan salah satu jenis tes Covid yang dilakukan dengan pengambilan sampel lendir untuk dianalisis apakah ada infeksi virus yang saat ini aktif di tubuh. Test ini termasuk dalam tes virus molekuler yang amat sensitif tetapi sangat akurat. 

PCR Swab Test dapat dilakukan dengan alat tes di rumah secara mandiri maupun dilakukan di rumah sakit. Kelebihan dari tes ini adalah keakuratannya sehingga dianggap sebagai “standar emas” untuk mendiagnosis COVID-19.

Sementara kekurangannya adalah perlu waktu yang lama untuk menunggu hasilnya keluar serta harganya yang relatif mahal. PCR Swab Test menggunakan cara pengambilan sampel dengan tes usap ke bagian belakang hidung atau tenggorokan dan dianalisis dengan metode PCR (Polymerase chainreaction).

Berapa lama hasil PCR Swab Test diketahui?

Mengutip dari Mayo Clinic, hasil tes ini dapat diketahui dalam hitungan menit jika dianalisis di tempat atau beberapa hari bahkan lebih lama jika harus dikirim ke laboratorium luar. Sementara itu, Healthline memberikan kisaran waktu lebih detail, yaitu antara 15 sampai 45 menit menggunakan beberapa tes point-of-care. Namun, bila sampel perlu dikirim ke laboratorium, mungkin diperlukan1 sampai 3 hari untuk menerima hasil.

Kini beberapa klinik dan rumah sakit sudah memberikan beragam penawaran durasi hasil tes. Ada yang menawarkan same day (hari yang sama dengan dilakukannya tes), satu hari setelahnya, bahkan hitungan jam mulai dari 5-16 jam setelah tes dilakukan.

Bagaimana prosedur PCR Swab Test?

Selanjutnya adalah bagaimana dengan prosedur dari PCR Swab Test. Teknik yang dilakukan biasanya dengan tes usap atau swab yang dilakukan dengan mengusap tempat pengambilan sampel (lendir) menggunakan alat khusus yang bentuknya mirip cotton bud. 

Pada pemeriksaan ini sampel akan diambil melalui hidung (nasofaring) dan mulut (orofaring), tapi lebih disarankan dengan sampel nasofaring. 

  • Prosedur swab test melalui tenggorokan (orofaring)

Untuk mengambil sampel, Anda akan diminta membuka mulut dengan lebar lalu alat swab akan dimasukkan ke mulut oleh tenaga medis hingga mencapai bagian belakang tenggorokan, ini dilakukan tanpa menyentuh lidah. Sampel diambil dengan menyapukan dan memutar alat swab selama beberapa detik untuk mendapatkan sampel yang maksimal dan sampel benar-benar terserap.

  • Prosedur swab test melalui hidung (nasofaring)

Hampir mirip dengan sebelumnya, dalam tes lewat hidung pertama yang dilakukan adalah  Anda diminta menarik napas melalui hidung untuk memastikan tidak ada sumbatan. Kemudian, Anda akan diminta sedikit mendongakkan kepala Anda, dan alat swab mirip cotton bud tangkai panjang akan dimasukkan ke dalam lubang hidung hingga mencapai bagian belakang hidung.

Alat tersebut juga akan diputar dan menyapukan sampel selama beberapa detik untuk memastikan penyerapan sampel dan mendapatkan sampel yang maksimal.

Setelahnya alat swab akan dimasukkan ke dalam tabung khusus yang tertutup rapat dan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan analisis dengan metode PCR.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan PCR Swab Test

Tentu ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pemeriksaan dengan PCR Swab Test. Anda harus tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19, seperti:

  • Membersihlan atau mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol secara berkala
  • Selalu menggunakan masker sesuai standar yang telah ditetapkan saat beraktivitas di luar rumah 
  • Melakukan physical distancing atau jaga jarak aman dengan orang lain minimal 1 (satu) meter
  • Menghindari dan tidak berada di kerumunan
  • Mengurangi mobilitas (pergerakan) selama berada di tempat pemeriksaan

PCR Swab Test penting dilakukan terutama jika Anda sudah mengalami gejala untuk dapat melakukan tindakan lanjutan, yaitu perawatan dan pengobatan. Ini juga penting untuk memastikan kembali hasil tes antigen atau rapid yang positif. Anda yang bepergian juga diharuskan untuk melampirkan hasil negatif tes ini.

PCR Swab Test memang relatif mahal tetapi hasil yang dikeluarkan sangat akurat. Anda juga membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menunggu hasilnya. Tapi kini sudah banyak klinik maupun rumah sakit yang menawarkan durasi yang tidak terlalu panjang dalam mengeluarkan hasil tesnya.

Jika Anda memerlukan PCR Swab Test, Anda dapat memesannya di Klinik SehatQ yang dapat diakses melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store atau Play Store dan dapatkan promo potongan harga menariknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *