Sabun Sebamed Baby Cleansing Bar, Bagaimana Cara Pakainya?

Penggunaan sabun mandi pada bayi diperlukan untuk melindungi kulit agar tetap sehat, bersih, dan lembab. Di antara banyaknya pilihan sabun bayi, Anda mungkin bisa menjatuhkan pilihan pada sabun Sebamed Baby Cleansing Bar.

Sabun ini hadir dalam bentuk sabun batang atau cleansing bar. Karena dikhususkan untuk bayi, maka formulasi di dalamnya pun sangat aman untuk kulit bayi yang cenderung masih sensitif. 

Cara memakaikan sabun Sebamed Baby pada bayi

Sebagai orang tua yang akan memandikan bayi, Anda perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu. Berikut ini beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan ketika akan memandikan dan mengaplikasikan sabun Sebamed Baby pada bayi Anda:

  • Pastikan tangan dalam keadaan bersih

Ketika akan memandikan bayi, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Cuci tangan Anda terlebih dahulu menggunakan air bersih dan sabun, kemudian bilas sampai tidak ada lagi sisa sabun dan kotoran di tangan Anda. 

Hal ini penting, karena jika tangan Anda tidak bersih, maka kotoran dan bakteri yang ada pada tangan Anda berpotensi terpapar ke kulit bayi saat Anda memandikan mereka. 

  • Cek suhu air 

Memandikan bayi sebaiknya tidak dengan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas. Anda dianjurkan untuk menggunakan air yang sedikit hangat ketika memandikan bayi Anda. 

Pastikan suhu air sudah tepat sebelum memasukkan bayi Anda ke dalam bak mandi. Jangan sampai air yang terlalu dingin atau terlalu panas malah melukai kulit bayi Anda. 

  • Jangan terlalu sering memandikan bayi

Tidak seperti orang dewasa, bayi tidak perlu dimandikan dengan intensitas yang terlalu sering. Bayi berusia di bawah satu tahun tidak perlu dimandikan setiap hari, melainkan hanya tiga kali saja dalam seminggu.

Ketika memandikan bayi pun, Anda tidak harus selalu menggunakan sabun di seluruh tubuh bayi. Cukup aplikasikan sabun Sebamed Baby Cleansing Bar hanya pada area kulit bayi yang kotor dan berkeringat. 

Pertimbangan saat memilih sabun untuk bayi

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan memilih sabun mandi untuk bayi Anda, seperti: 

  • Komposisi bahan

Ini adalah hal utama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sabun mandi untuk bayi. Kulit bayi sangatlah sensitif, sehingga bahan-bahan kimia tertentu bisa memicu iritasi kulit dengan mudah. 

Perhatikan lebih dulu daftar komposisi sabun sebelum menggunakannya. Sebaiknya, pilihlah sabun bayi yang mengandung bahan-bahan alami serta bahan yang hypoallergenic, yaitu bahan yang tidak menimbulkan alergi seperti sabun Sebamed Baby.

  • Tidak berwarna dan berbau

Sabun bayi yang baik adalah sabun yang tidak berwarna dan tidak berbau. Adanya pewarna atau aroma tambahan menandakan bahwa sabun itu telah menggunakan zat kimia pewarna dan pewangi. 

Zat ini tidaklah aman untuk bayi Anda. Jadi, jangan gunakan sabun mandi bayi yang mengandung pewarna atau parfum untuk penambah aroma. 

  • Perhatikan kedaluwarsa

Sabun bayi umumnya memiliki masa kedaluwarsa yang tidak terlalu lama. Hal ini wajar, karena sabun jenis ini tidak dilengkapi dengan pengawet seperti pada sabun mandi orang dewasa.

Perhatikan kedaluwarsa sabun sebelum menggunakannya pada bayi Anda. Jangan sampai Anda secara tidak sadar memakai sabun yang sudah melewati masa kedaluwarsa kepada bayi Anda. 

Penggunaan sabun Sebamed Baby sangatlah aman untuk bayi Anda. Apabila Anda ingin memakai sabun tersebut dengan cara yang lebih aman, Anda bisa juga berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *