Tips Memilih Food Processor Bayi untuk Membuat MPASI

Saat buah hati memasuki usia 6 bulan, maka Ibu perlu menyiapkan kebutuhan MPASI sang anak. Untuk mempersingkat waktu, diperlukan alat-alat yang mendukung agar Ibu bisa  MPASI berkualitas yang disukai anak. 

Food processor bayi menjadi andalan karena praktis dan mudah digunakan. Lalu apa bedanya dengan blender dan bagaimana cara memilih food processor yang tepat?

food processor bayi bisa membuat proses pembuatan makanan lebih cepat dan praktis

Food processor, chopper, atau blender: Apa bedanya?

Di usia 6 bulan, anak sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang bertekstur lembek. Dahulu, Ibu biasa membuat bubur bayi dengan cara mengukus makanan hingga lembut lalu menghancurkannya. Sayangnya cara tersebut memakan waktu cukup lama. Kini dengan alat yang tepat, Ibu bisa membuat MPASI dengan waktu yang lebih ringkas dan mudah. 

Dengan mengandalkan blender, Ibu bisa menghaluskan makanan hingga mendapat tekstur yang diinginkan. Namun hadirnya chopper dan food processor pasti membuat Ibu bingung mana alat yang tepat untuk membuat makanan si kecil. 

Berikut adalah perbedaan ketiganya.

  1. Blender

Terdapat dua jenis blender, yaitu blender dan hand blender. Blender biasa berbentuk seperti tabung tinggi dan dilengkapi dengan pisau tajam di bagian dasarnya. Alat ini memiliki kecepatan yang berbeda-beda. 

Cara menggunakannya dengan memasukkan semua bahan yang ingin dihaluskan ke dalam wadah, lalu haluskan. Setelah bahan tercampur rata, toples bisa dilepas agar mudah dituang ke wadah. Blender paling cocok digunakan untuk bahan makanan yang mengandung banyak air. 

Sedangkan penggunaan hand blender harus dipegang dengan tangan. Bentuknya seperti tongkat memanjang dengan pisau tajam di bagian ujungnya. Hand blender bisa untuk menghaluskan bahan di wadah langsung pakai, sehingga tak perlu memindahkan makanan. 

Beberapa Ibu mungkin tidak bisa membuat bubur bayi dengan blender karena hasilnya akan terlalu halus. 

  1. Chopper

Chopper atau pemotong makanan hanya dilengkapi satu bilah untuk memproses satu jenis produk. Alat ini menggunakan cara manual, dimana Ibu memasukkan bahan makanan ke dalam tabung lalu didorong dengan pendorong agar makanan bisa terpotong sama rata. 

Chopper hanya bisa digunakan untuk makanan padat, tidak untuk menghaluskan makanan. Maka bisa dikatakan chopper bukan pilihan yang cocok untuk membuat MPASI.

  1. Food processor

Food processor atau pengolah makanan memiliki bentuk hampir sama seperti blender, namun memiliki wadah atau mangkuk yang berukuran lebih besar. Food processor dilengkapi dengan bilah yang bisa melakukan banyak tugas, seperti memotong, memarut, menghaluskan, mencampur adonan, dan mengemulsi. 

Jika dilihat dari kegunaannya, maka alat yang tepat untuk membantu Ibu membuat MPASI adalah food processor. Food processor memberi Anda kontrol lebih besar untuk membuat makanan. Kini juga banyak tersedia food processor bayi yang dikhususkan untuk membuat makanan si kecil.

Tips memilih food processor bayi

Sebelum membeli food processor bayi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan antara lain:

  1. Jenis pisau

Kemampuan suatu food processor bayi dilihat dari pisaunya. Food processor yang baik dilengkapi dengan berbagai pisau untuk melakukan fungsi yang berbeda seperti memotong, menggiling, menghaluskan, dan sebagainya. 

Selain itu pilihlah pisau yang terbuat dari stainless steel. Pisau tersebut memiliki daya tahan dan kinerja yang baik. 

  1. Daya (watt) listrik

Food processor bayi multifungsi biasanya membutuhkan watt yang cukup tinggi. Pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Food processor lebih dari 700 watt mampu menyelesaikan pekerjaan yang lebih berat.

  1. Keamanan

Ketika mencuci food processor, maka Anda akan melepas setiap bagiannya. Pastikan setiap bagian aman dan tidak memiliki tepi tajam atau rongga yang sulit dijangkau. Bagaimana stabilitas ketika digunakan, dan apakah tutup wadah kencang dan tertutup rapat. 

  1. Manual atau elektrik

Sebagian besar food processor membutuhkan tenaga listrik, namun ada juga food processor manual yang tidak terlalu mahal. Food processor elektrik tentu lebih praktis dan aman dibandingkan manual.

  1. Harga

Setelah menemukan food processor yang terbaik, jangan lupa pertimbangkan harganya. Alat dengan merek tertentu dan kontrol lengkap biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal. 

CatatanKini,  food processor bayi seperti menjadi barang wajib yang harus dibeli ketika memasuki fase MPASI si kecil. Agar tidak bingung, baca artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi food processor bayi yang praktis dan multifungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *