Tips Perawatan Badan dan Kulit untuk Pria yang Perlu Anda Tahu

Tidak hanya perempuan saja, tapi laki-laki juga butuh perawatan badan. Apalagi aktivitas pria lebih intens dan lebih padat sepanjang hari. 

Apalagi pria punya kelenjar keringat lebih banyak dibanding wanita sehingga akan lebih mudah berkeringat. Tentu, aroma tak sedap dari badan akan mengganggu aktivitas Anda.

Nah, itulah kenapa Anda butuh perawatan badan agar terbebas dari bau badan tak sedap dan wangi sepanjang hari. 

Perawatan Badan yang Tepat untuk Pria

1. Mandi dua kali sehari dan bersih

Mandi dengan bersih dua kali sehari secara rutin bisa menghilangkan bau badan. Tidak hanya membersihkan tubuh dari kotoran dan debu, mandi juga bisa membersihkan tubuh dari bakteri dan keringat. 

Pilih sabun yang ada kandungan anti bacterial agar bakteri benar benar hilang dari tubuh. 

2. Menggunakan deodoran mengandung antiperspirant

Deodoran memang salah satu perawatan badan yang wajib digunakan agar tubuh terhindar dari bau tak sedap. 

Pilihlah deodoran yang mengandung antiperspirant, sebab di dalamnya terdapat garam aluminium yang akan larut dengan keringat. Ini akan membuat gel yang berguna menutupi area kelenjar keringat sementara waktu. Sehingga keringat yang keluar dari ketiak bisa lebih berkurang.

3. Gunakan Parfum

Satu lagi perawatan yang gak boleh terlewat adalah menggunakan parfum. Pria bisa menyemprotkan parfum di area perut dan juga titik nadi. Tujuannya agar wangi parfum bisa bertahan lama.

4. Jangan konsumsi bawang terlalu banyak

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa kelenjar pada tubuh pria lebih banyak, sehingga akan mengeluarkan aroma makanan melalui keringatnya. Itulah sebaiknya menghindari konsumsi bawang atau makanan lain dengan aroma menyengat. 

5. Keramas setiap hari

Tidak hanya memperhatikan aroma badan saja, tapi juga menyeluruh hingga ke area kepala. Keringat tidak hanya keluar dari pori-pori kulit tubuh, tapi juga dari kulit kepala. Keringat dari kulit kepala tidak hanya membuat kepala gatal, tapi juga bau karena bercampur dengan bakteri. Itulah sebabnya pria harus keramas setiap hari.

Tips Perawatan Kulit Pria

Selain perawatan seluruh tubuh, penting juga untuk mengetahui cara perawatan anggota tubuh, penting juga bagi pria untuk tahu bagaimana merawat kulit dengan benar.

– Gunakan air hangat saat bercukur

Saat bercukur, kemungkinan terjadi iritasi memang tak bisa dihindari. Untuk mengurangi iritasi yang terjadi, bisa dengan menggunakan air hangat. 

Basuhlah wajah dengan air hangat sebelum maupun setelah bercukur. Bisa juga menggunakan krim cukur agar hasilnya lebih baik.

– Cukur menyesuaikan arah tumbuh rambut

Cara mencukur juga harus benar. Selain menggunakan silet atau pisau cukur yang tajam, arah mencukur juga perlu diperhatikan. 

Mencukur rambut harus sesuai dengan arah tumbuh rambut, jangan cukur ke arah sebaliknya. Hal ini bisa membuat rambut tumbuh ke dalam.

– Tidak perlu menggunakan aftershave

Aftershave memang disarankan dipakai saat bercukur. Namun, cairan alkohol ini hanya perlu ketika menggunakan pisau cukur lipat. Sekarang sudah jarang digunakan. Jika tetap pakai aftershave, pilihlah produk tanpa kandungan alkohol.

– Jangan menggosok kulit wajah dengan handuk

Jangan pernah menggosok wajah dengan handuk sewaktu mengeringkan wajah. Tapi, lakukan dengan menepuk-nepuk lembut handuk ke wajah. Sebab, menggosok bisa menyebabkan iritasi kulit.

– Sebelum membeli produk kulit, baca label dengan seksama

Penting sekali melihat label produk untuk perawatan kulit terlebih dulu. Pilih produk dengan non comedogenic dan juga alcohol free

Sebab, produk dengan label noncomedogenic ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak menyebabkan jerawat.

Sedangkan produk dengan alcohol-free berarti produk tersebut bebas alkohol yang menjadi penyebab kulit kering.

– Gunakan SPF

Menggunakan sunscreen dengan SPF akan melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa mempercepat penuaan dan kerutan di kulit. Sinar UV ini bahkan bisa menembus jendela hingga baju. Jadi, jangan pikir sudah terlindungi hanya dengan menggunakan baju tertutup saja.

Itulah pentingnya menggunakan sunscreen dengan SPF setidaknya 30 atau bahkan lebih. Meski cuaca mendung, tetap gunakan sunscreen untuk melindungi kulit di siang hari.

– Menggunakan moisturizer

Moisturizer atau pelembap juga dibutuhkan kulit pria. Pelembap ini akan menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh. Kandungan air pada lapisan kulit lebih dalam akan terjaga sehingga kulit tidak jadi kering. Sesuaikan bentuk pelembap ini dengan jenis kulit masing-masing. 

Itulah beberapa tips perawatan badan dan juga kulit yang bisa Anda coba. Penampilan akan menentukan impresi pertama saat bertemu dengan orang lain. Jadi, jagalah penampilan untuk meninggalkan kesan pertama yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *