Trik Jitu Cara Pakai Maskara Agar Bulu Mata Lebih Tebal

Tak sedikit perempuang menjadikan maskara sebagai barang yang wajib dibawa. Dengan maskara, bulu mata pendek dan tipis dapat terlihat lebih panjang dan tebal. Ini membuat mata tampak lebih cantik dan menawan.

Tak jarang ada berbagai masalah yang dihadapi saat memulas bulu mata dengan maskara, misalnya cairan maskara yang menggumpal atau meluber di sekitar mata. Dengan cara pakai maskara berikut, Anda bisa mendapat bulu mata lebih tebal tanpa tambahan bulu mata palsu.

Cara menggunakan maskara

Berikut ini beberapa trik cara pakai maskara yang tepat:

  • Pulaskan dengan gerakan zig-zag

Mengaplikasikan maskara dari dalam ke luar dengan gerakan zigzag membuat cairan maskara lebih tersebar secara merata. Ini adalah cara pakai maskara yang paling dasar.

Sayangnya masih banyak wanita yang melewatkan cara ini terutama saat sedang terburu-buru. Sebagai gantinya mereka hanya menggunakan maskara pada ujung bulu mata. Akibatnya ujung bulu mata akan saling menempel.

  • Aplikasikan maskara pada kedua sisi bulu mata

Biasanya maskara hanya digunakan pada sisi luar bulu mata. Untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal, aplikasikan maskara pada kedua sisi bulu mata. Anda bisa melirik ke bawah atau menutup salah satu mata, lalu memoleskan maskara pada bagian belakang bulu mata. Setelah itu, lihat ke atas dan sapukan bagian luar dari bawah ke atas.

  • Gunakan fan brush

Salah satu trik yang digunakan para make up artist untuk mendapatkan tampilan bulu mata natural adalah dengan menggunakan fan brush. Lapisi fan brush dengan cairan maskara menggunakan sikat maskara, lalu oleskan ke bulu mata Anda secara perlahan.

Cara pakai maskara tersebut juga akan mencegah gumpalan maskara di bulu mata Anda.

  • Gunakan kuas yang tepat

Terdapat beberapa jenis kuas maskara dengan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, sikat vertikal dapat menjangkau bulu mata yang terletak di sudut mata. Menggunakan lebih dari satu jenis maskara akan membuat tampilan mata Anda lebih sempurna.

  • Jangan lupakan pelentik bulu mata

Syarat mendapat bulu mata lentik adalah dengan menjepit bulu mata dengan penjepit sebelum menggunakan maskara. Trik lainnya, menjepit bulu mata setelah pengaplikasian maskara dapat membuat bulu mata jauh lebih lentik.

Cara ini dikemukakan oleh aktris Natasha Lyonne pada majalah Vogue. Menurutnya, banyak wanita yang takut melakukan cara ini, tapi hasil yang didapat tidak akan mengecewakan.

Memilih maskara yang tepat sesuai bulu mata

Terdapat tujuh kuas maskara yang umum. Masing-masing sikat akan memberikan tampilan yang berbeda. Misalnya bulu mata yang lebih panjang, lebih penuh, atau dramatis.

Berikut adalah jenis maskara sesuai kebutuhan Anda.

  • Kuas bulat dan oversized

Kuas sikat yang bundar dan lebih tebal di tengah efektif menambah volume pada bulu mata Anda sehingga terlihat lebih penuh.

  • Cone-shaped (tapered wands)

Tapered wands akan memberikan Anda tampilan genit dan feminim. Kuas ini akan membuat bulu mata lebih penuh tanpa khawatir akan gumpalan cairan di setiap rambut.

  • Sikat melengkung

Jenis sikat ini paling baik untuk membuat bulu mata lebih terangkat, lentik, dan bervolume. Sangat cocok digunakan bagi pemilik bulu mata lurus.

  • Hourglass

Maskara dengan kuas berbentuk jam pasir adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan ilusi mata yang lebih terbuka dan dramatis. Jenis desain ini mampu mengangkat, melentikkan, dan sangat cocok digunakan oleh pemilik bulu mata lurus dan pendek.

  • Straight brush

Sikat lurus membuat ilusi bulu mata lebih panjang alami dengan sebaran yang merata dari bagian paling bawah hingga ujung bulu mata.

  • Micro wand

Pecinta tampilan natural wajib menggunakan jenis sikat maskara yang satu ini. Cocok digunakan pada bulu mata bagian bawah agar terlihat lebih panjang. Dengan maskara ini, Anda juga tidak perlu khawatir terhadap maskara menggumpal.

  • S-shaped

Sikat berbentuk S menawarkan hasil dramatis. Dengan desain ini, Anda tak perlu menggunakan tambahan bulu mata palsu.

Catatan

Dengan cara pakai maskara yang tepat, Anda bisa mendapatkan tampilan mata yang diinginkan. Ini juga bisa disesuaikan dengan jenis sikat pada maskara, misalnya sikat melengkung untuk bulu mata penuh dan lentik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *