Tumbuh Dalam Seminggu, Begini 5 Cara Memanjangkan Rambut Pria

Cara memanjangkan rambut pria hingga 1 inci dalam seminggu ternyata mudah dilakukan. Tak perlu membeli serum mahal atau vitamin rambut dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, rambut sehat dan panjang bisa diperoleh dengan menjalani hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi hingga rajin olahraga.

Gaya hidup sehat menjadi salah satu faktor utama agar rambut bisa tumbuh dengan cepat. Menurut ahli, rambut merupakan sel yang memiliki pertumbuhan paling cepat kedua pada tubuh setelah sel usus. Untuk itu, diperlukan nutrisi yang baik agar rambut bisa tumbuh subur dan cepat.

Mengelola stres dan menjalankan pola hidup yang sehat adalah cara memanjangkan rambut yang baik

Cara memanjangkan rambut pria

Terdapat 5 cara memanjangkan rambut pria yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Kamu pun tak perlu membeli serum mahal, cukup mengubah beberapa kebiasaan sehat ini saja. 

Mengonsumsi makanan sehat

Rambut yang kita miliki mencerminkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Jadi, tak heran jika rambut bermasalah menandakan apa yang kita konsumsi tidak sehat. Untuk mengatasinya, kita perlu mengubah kebiasaan makan ke arah yang lebih sehat, sepert:

  • Minum setidaknya 1,5-2 liter ai setiap hari agar kulit kepala terhidrasi dengan baik.
  • Rambut terdiri dari protein, dengan mengonsumsi lebih banyak protein bisa membuat rambut jadi lebih sehat dan panjang dengan cepat. Kamu bisa mengonsumsi protein hewani seperti daging atau protein nabati seperti kacang-kacangan, buncis, polong, dan tahu.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan sumber biotin seperti salmon, alpukat, dan kacang-kacangan
  • Mengonsumsi Vitamin C yang berfungsi untuk memproduksi kolagen yang dibutuhkan rambut dan kulit.s
  • Jangan pernah melewatkan sarapan, sebab sarapan menjadi salah satu bahan bakar untuk kulit kepala dan folikel rambut. 

Hindari keramas dengan air dingin

Cobalah untuk tidak keramas menggunakan air yang terlalu dingin. Menurut para ahli, air yang terlalu dingin bisa membatasi kapiler pada kulit kepala serta mengambil nutrisi pada kulit kepala. 

Sebaiknya gunakan air hangat untuk memulai membasuh kulit kepala agar tidak kaget dengan suhu air yang tiba-tiba dingin. Setelah membasuhnya dengan air hangat, kamu bisa membilasnya dengan sedikit air dingin. 

Jangan terlalu sering menggunakan shampoo

Terlalu sering keramas menggunakan shampo bisa membuat rambut jadi lebih kering dan rapuh. Sebaiknya perbanyak menggunakan kondisioner untuk memberikan vitamin pada rambut. Hindari penggunaan kondisioner dengan kandungan wax karena bisa membuat rambut jadi tipis dan kusam. 

Shampo memiliki kandungan detergen dan sulfat yang tinggi sehingga bisa menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Agar aman, kamu bisa melakukan keramas setiap 3 kali dalam seminggu, jangan keramas setiap hari. 

Jangan menyisir rambut saat basah

Hindari menyisir rambut saat masih basah. Rambut yang disisir saat masih basah rentan putus dan juga bercabang pada ujungnya.

Keringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu secara perlahan dan jangan dilakukan dengan digosok secara cepat atau maju mundur. Tunggu hingga kering, lalu kamu bisa mengatasinya. 

Ubah kebiasaan buruk

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga perlu mengubah gaya hidup  dengan melakukan olahraga secara teratur. Sering berolahraga membuat pasokan oksigen bisa mencapai kepala, sehingga sel-sel rambut juga mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan bermanfaat untuk folikel rambut. Biasakan olahraga minimal 30 menit dalam sehari.

Selain olahraga, kamu juga perlu menjaga waktu tidur lebih banyak dan jangan begadang. Sebaiknya tidur selama 7-8 jam setiap harinya untuk membuat rambut bisa tumbuh dengan sehat dan optimal. 

Tidur cukup bisa membuat reproduksi sel lebih cepat sehingga proses pemanjangan rambut juga bisa lebih cepat. Tidur juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di area folikel rambut.

Itu dia beberapa cara memanjangkan rambut pria dengan cepat hingga mencapai 1 inci setiap minggunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *