Waspada Emboli pada Paru, Begini Cara Mencegahnya

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah emboli? Secara awam. Emboli adalah penggumpalan darah yang terjadi dalam tubuh. Kondisi emboli juga dapat terjadi pada paru-paru. Dalam situasi tertentu, emboli bahkan dapat menyebabkan hilangnya nyawa pasien.

Emboli bukanlah suatu kondisi yang dapat dibiarkan begitu saja. Pasalnya, jika terjadi gangguan pada sirkulasi darah, maka fungsi tubuh lainnya tidak dapat berjalan secara normal.

Emboli paru, dalam hal ini terjadi di pembuluh darah paru-paru yang mampu memicu kehilangan nyawa dalam hitungan detik saja. Hal ini didorong fakta bahwa paru-paru berperan penting dalam memberikan asupan oksigen dan karbon monoksida tiap kali bernapas.

Seperti apa gejala emboli paru?

Gejala emboli paru dapat berbeda antarsatu pasien dengan lainnya. Di samping itu, gejala emboli paru serupa dengan penyakit lainnya. Di bawah ini, terdapat beberapa gejala emboli paru yang telah diketahui sejauh ini:

  • Merasakan nyeri pada dada hingga sebabkan sesak napas.
  • Mengalami batuk kering.
  • Dada terasa sakit ketika menarik napas dalam-dalam maupun ketika makan.
  • Mengalami pusing bahkan hingga tidak sadarkan diri.
  • Terjadinya pembengkakan di kaki atau betis akibat penggumpalan darah yang mulanya terjadi di kaki.
  • Kondisi kaki memerah.

Gejala yang disebutkan di atas hanyalah beberapa tanda yang perlu diperhatikan dari timbulnya emboli paru. Ada pun rasa nyeri pada dada menjadi gejala utama dari emboli paru.

Bagaimana caranya untuk mencegah emboli paru?

Mencegah terjadinya emboli paru dapat dilakukan dengan melakukan gerakan secara terus menerus. Secara logika, darah akan mengalami penggumpalan ketika Anda terlalu duduk atau berdiam diri. Sebagai contoh, ketika Anda mengalami kesemutan setelah berjam-jam duduk di satu posisi tertentu.

Emboli paru dapat dicegah dengan terus aktif beraktif. Hal ini dapat Anda terapkan dengan melakukan olahraga ringan secara rutin. Anda juga perlu untuk mempertimbangkan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Di samping aktif berolahraga, Anda juga perlu untuk menghindari pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasan merokok. Kandungan racun yang terdapat di dalam rokok dapat merusakn pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *