Yuk Kenali Manfaat Luar Biasa Madu Kelulut untuk Kesehatan

Tak banyak orang mengenal soal madu kelulut. Padahal, manfaat dari madu satu ini sangatlah luar biasa. 

Madu kelulut adalah jenis madu yang dihasilkan lebah tanpa sengat (stingless bee), yakni lebah Trigona Itama dan Trigona Thoracica. Madu ini biasanya dihasilkan di daerah tropis seperti Indonesia.

Meski termasuk jenis lebah penghasil madu umum. tetapi pendistribusian madu kelulut belum seluas madu lebah pada umumnya. Manfaat Madu Kelulut bagi Kesehatan.

Madu kelulut sangat baik untuk dikonsumsi Anda karena punya khasiat dahsyat. Apa saja? 

1. Gula Alami yang Baik untuk Penderita Diabetes

Lebah penghasil madu kelulut mengeluarkan gula alami yang 85 persen merupakan trehalulosa.

Trehalulosa adalah gula langka dengan indeks glikemik (GI) rendah dan tidak ditemukan sebagai komponen utama dalam makanan lain. Dengan GI yang lebih rendah ini berarti butuh waktu lebih lama untuk gula diserap ke dalam aliran darah.

Artinya, manfaat madu kelulut dianggap baik untuk diabetes karena tidak akan menyebabkan lonjakan glukosa yang akan dirasakan ketika mengonsumsi gula lain.

2. Tidak Menyebabkan Kerusakan Gigi 

Menariknya, trehalulosa yang terkandung pada madu kelulut bersifat akariogenik, yang berarti tidak menyebabkan kerusakan gigi. 

Hal ini karena madu memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi yang dapat mengobati luka. 

Saat Anda mengalami sensitivitas pada gigi, bilas mulut dengan larutan air hangat dan satu sendok teh madu. Maka, ini bisa menyembuhkan rasa sakit.

3. Bersifat Antioksidan dan Anti-Inflamasi

Manfaat madu kelulut lainnya yaitu memiliki potensi antioksidan. Namun, memang potensi antioksidan madu kelulut akan bervariasi menurut jenis asal usulnya.

Tidak hanya itu, flavonoid dan polifenol yang ditemukan dalam madu juga telah dilaporkan memiliki sifat antioksidan.

Selain itu, manfaat madu kelulut yang diekstrak dari lebah tanpa sengat ini menunjukkan efek antiinflamasi saat dioleskan pada kulit.

Pada umumnya, khasiat ini juga ditemukan pada madu manuka dimana juga memiliki agen anti inflamasi.

4. Mengatasi Katarak 

Madu dari spesies lebah tak menyengat Tetragonisca juga digunakan dalam pengobatan glaukoma dan katarak. Madu lebah berperan penting dalam mengobati katarak yang diinduksi secara kimiawi.

Tidak hanya melawan katarak, madu kelulut juga telah digunakan sebagai obat tetes mata untuk mengatasi masalah penglihatan.

5. Melembapkan Kulit

Madu memang dikenal punya khasiat baik pada kulit. Tak terkecuali madu kelulut  yang memiliki kadar air yang tinggi.Madu memiliki sifat pelembab yang baik karena adanya gugus hidroksil.

Hal ini terungkap melalui penelitian dalam Skin Pharmacology and Physiology mengungkapkan bahwa kadar air pada madu kelulut relatif lebih tinggi dibandingkan dengan madu lainnya. 

Komponen dasar madu, yaitu gula, protein, dan asam laktat, dapat berperan sebagai pelembab.

Selain itu, keberadaan gliserin, propilen glikol, dan sorbitol yang sering digunakan sebagai pelarut dalam kosmetik, dapat meningkatkan sifat pelembab dari madu itu sendiri.

Kandungan air yang tinggi pada madu ini, membuat manfaat madu kelulut mampu mencegah dehidrasi pada luka karena efek osmotik yang secara bertahap mengantarkan cairan ke jaringan luka.

Selain itu seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meskipun kondisi lembab yang terus menerus dapat berkembang menjadi kondisi basah yang menyebabkan maserasi luka, tetapi madu kelulut akan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Untungnya, osmolaritas madu yang tinggi dapat melindungi kulit dari maserasi dan terus menerus menjaga kelembaban di sekitarnya.

Nah, itulah manfaat dari madu kelulut yang luar biasa untuk kesehatan Anda. Tak ada salahnya mulai sekarang Anda menyetok madu kelulut di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *